PENGARUH AKSEBILITAS DAN TARIF MASUK OBJEK WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA DANAU CIBOGAS
DOI:
https://doi.org/10.30606/hirarki.v3i2.1350Keywords:
Aksebilitas, Tarif, Kepuasan PengunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh aksebilitas dan tarif masuk objek wisata terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata danau cibogas. Populasi penelitian ini adalah pengunjung danau cibogas. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik aksidental sampling dengan responden sejumlah 96 responden. Uji instrument penelitian meliputi uji validitas dan uji realibilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96,3% kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh aksebilitas dan tarif masuk objek wisata, sedangkan sisanya 3,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa baik secara parsial maupun secara simultan aksebilitas dan tarif masuk objek wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Erlangga.
Bitner dan Zeithaml (2013). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Yogyajarta: BPFE.
Budiastuti. (2012). Teori-teori Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Crouch dan Ritchie (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integreted: Marketing Communication. Jakarta: Erlangga.
Era (2012). Promosi Pemasaran. Jakarta: Bina Aksara.
Ferdinal (2013). Metode Peneltian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goeldner dkk (2016). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Handayani. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Psikologi Jambi, Vol.1;48-54 (Http://jurnal.umsu.aci.id), diakses 12 Maret 2021.
Irawan. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Josiam dan Frazier (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler Philip, dan Amstrong. (2011). Prinsip–Prinsip Marketing. Edisi kedelapan. Jakarta:Erlangga.
Kotler Philip dan Keller. (2011). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Leksono dkk (2012). Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Natalia (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Ke Broken Beach Dan Angel’s Billabong. Jurnal Bisnis Manajemen, Vol 1;12-22 (Http://ojs.unud.aci.id), diakses 12 Maret 2021.
Oktavianty (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan, Bandung: Alfabeta.
Ridwan (2012). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Sammeng (2011). Strategi Marketing Plus. Jakarta: Gramedia.
Scottish (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 10. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Siregar (2011). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bandung: Alfabeta.
Spillane (2017). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Yogyajarta: BPFE.
Stanton (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Stevianus (2014). Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan. Jakarta. Jurnal Manajemen, Vol,2; 12-23(Https://ojs.unud.aci.id), diakses 12 Maret 2021.
Sudjana (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi
Sugiyono (2013). Metode Peneltian Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyana (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Kompas.
Suwantoro (2013). Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Suwena & Widyatmaja (2012). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Taufik (2017). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Thamrin dan Tantri (2013). Manajemen Strategi. Jakarta: Gramedia.
Tjiptono, Fandy. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Mitra Yomar Sejati Instrumen Pertanian Bogor.
Trihatmodjo (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Witt dan Mountinho (2014). Manajemen Strategi. Jakarta: Gramedia.
Yazid (2014). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.
Yoeti (2012). Pemasaran. Salemba Empat, Jakarta.
Zeithmal (2012). Teori-teori Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Peraturan dan Undang-undang
UU No.10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.