PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PBM MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMP N I UJUNGBATU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ausykarni Ausykarni SMPN 1 Ujungbatu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.802

Keywords:

supervisi akademik,, kolaboratif,, kemampuan,, PBM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM melalui pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif di SMPN I Ujungbatu Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 khususnya pada aspek pengelolaan kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Metode dan rancangan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan  dengan prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988:10) yang mencakup kegiatan  sebagai berikut : (1) perencanaan (planning) ,  (2) pelaksanaan tindakan (action),  3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah guru di SMPN I Ujungbatu pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 8 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu Triangulasi  yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar (PBM),  di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun pengelolaan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 49,50 dan hanya masuk dalam kategori KURANG, pada siklus I meningkat cukup signifikan dan terdapat 3 guru  atau 37,50% yang dinyatakan mampu mengelola proses belajar mengajar (PBM) dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 66,83 dan masuk dalam kriteria CUKUP dan pada siklus terakhir menjadi  guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 80,17 dalam kriteria nilai BAIK. Dari hasil penelitian sebagaimana dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif di SMPN I Ujungbatu Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Majid. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Imron, Ali. 2012. “Metode Penelitian Hand Out”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Arikunto, Suharsimi., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Asf, Jasmani & Mustafa, S., 2013, Supervisi Pendidikan: Terobosan baru dalam
Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Yogyakarta: Arr – Ruzz Media.
Bafadal, I & Imron, A. 2004 Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Malang: Kerjasama FIP UM dan Ditjen-Dikdasmen
Davis, B Gordon, et.al 1984, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen,. Jakarta Pustaka Bina Presindo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.Jakarta: Depdiknas
Flanders, N.A. 1976”Interaction Analysis and Clinical Supervision,” Journal of Research and Development in Education, Volume 9 2, Athens, Georgia. Journal of Research and Development in Education. Volume 15, Athen, Georgia
Glickman, 1985 , Intructional Supervision, , New Jersey, Prentice Hall, Inc Englewood Cliftfs
H.B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press
Krajewski, R.A, Anderson 1982.”Clinical Supervision: A Conceptual Framework,”
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya
Oliva, P.F.1984. Supervision for Todays School. New York: Tomas J. Crowell Company.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.
Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A., 2009. Organizational Behavior. 13th Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, Piet A. dan Mahateru, F. 2008. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Subroto Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudiarto. 1989. Supervisi Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Tisnowati Tamat dan Moekarto Mirman. 2005. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiles, Kimball, John T Lovell, 1975. Supervision for Better Schools. New Jersey: Prentice-Hall.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Ausykarni, A. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PBM MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMP N I UJUNGBATU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Edu Research, 8(1), 11–21. https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.802

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.