Analisis Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Rindi Genesa Hatika Universitas Pasir Pengaraian
  • Ika Daruwati Universitas Pasir Pengaraian
  • Yeza Febriani Universitas Pasir Pengaraian
  • Dedi Mardiansyah Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.778

Keywords:

Analisis,, Konsep Fisika,, Laboratorium virtual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penguasaan konsep fisika menggunakan laboratorium virtual pada mahasiswa pendidikan fisika. Laboratorium virtual yang digunakan adalah program Crocodile Physics. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika pada mahasiswa semester I tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 17 mahasiswa. Desain penelitian ini adalah memiliki bentuk pre-eksperimental desain one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian mendapati bahwa penguasaan konsep diperoleh dengan nilai N-gain sebesar 0,70. Ini bermakna bahwa penguasaan konsep fisika mahasiswa menggunakan laboratorium virtual berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Hermansyah, G, Lovy, H. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN 2407-6902). 1(2) : 97-102.
Karagoz, O. dan N. Ozdener. 2010. Evaluation of the Usability of Different Virtual Lab Software Used in Physics Courses. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP). 4(2): 216-235.
Rahayu, S. U., Fuldiaratman, dan M. D. W. Ernawati. 2014. Pengaruh Media Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Muaro Jambi. (Skripsi). Universitas Jambi. Jambi.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistia, L. 2014. Pengaruh penerapan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah.(skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sundayana, R. 2014. Statiska Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-30