Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Publik Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (Ppid) Berbasis Web (Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu)

Authors

  • Ega Hapira Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61876/rjti.v1i2.2863

Keywords:

Aplikasi Pelayanan Publik (PPID), Berbasis Web, UAT.

Abstract

Permohonan informasi publik ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik (PPID) Kabupaten Rokan Hulu masih menggunakan sistem informasi yang manual seperti pemohon masih harus datang ke kantor dengan membawa surat permohonan informasi dan memberikan kepada petugas layanan informasi disertai dengan beberapa persyaratan seperti data diri pemohon atau fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), selain itu Sistem pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) juga masih melakukan pencatatan dan pengarsipan permohonan secara tertulis di buku agenda besar. Maka dari itu diperlukan sebuah program yang mampu mengatasi masalah tersebut. Dengan ini penulis memutuskan untuk membuat sistem yang lebih efisien yaitu rancang bangun aplikasi pelayanan publik pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) berbasis web yang mana tentunya sistem dapat memverifikasi status permohonan dan keberatan informasi permohonan publik, Sistem dapat melakukan pengecekan status pemohon informasi dan keberatan informasi serta dapat mencetak laporan pemohon informasi publik. Berdasarkan pengujian terhadap sistem yg telah di lakukan dengan metode Blackbox Dan User Aceptent Tes (UAT) di peroleh hasil di terima dengan presetase 100%, dengan demikian bahwa aplikasi ini telah dapat diterapkan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

[1]
E. Hapira, “Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Publik Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (Ppid) Berbasis Web (Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu)”, RJTI, vol. 1, no. 2, pp. 34–38, Jul. 2022.

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.