Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks TP. 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.810Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi redoks. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 4 tahapan. Tahapan tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan reaksi redoks pada siswa kelas X.MIA 1 semester 2 SMA N 2 Rambah Hilir Tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan adanya perubahan sikap siswa dalam pembelajaran, diantaranya adalah interaksi dan kerja sama antar siswa semakin baik, siswa semakin mempunyai keberanian untuk mengemukakan ide dan pendapat di depan kelas. Pusat pembelajaran tidak lagi pada guru. Siswa dituntut untuk aktif mencari informasi serta harus dapat saling bertukar pikiran. Peningkatan ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 78,33 pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 82,50 pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus 1 adalah 63,33%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 86,67%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi yaitu 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 76. Namun secara individual masih ada 4 siswa yang belum tuntas belajar. Siswa mempunyai kesempatan untuk mempelajari materi secara berulang–ulang dan kemudahan memahami materi yang disampaikan oleh teman sebaya. Siswa dituntut untuk bertukar informasi atau mengajarkan materi kepada temannya sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan ingatan siswa pada materi yang dipelajari serta bertanggung jawab pada saat kuis.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.
Kartini,dkk. Sains KIMIA 1.Jakarta. PT Bumi Aksara
Lie, A. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Pambudi,TY. 2013. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tps (think pair share) melalui snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas x pada kompetensi yang berkaitan dengan redoks. Skripsi. Semarang : UNNES
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 1995. Cooperatif Learning. Boston London, Allyn and Bacon
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Utami B, dkk. 2009. Kimia untuk SMA/MA kelas X program ilmu alam. Jakarta: Pusat perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.