Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Descriptive Melalui Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMAN 2 Rambah Hilir TP 2017/2018

Authors

  • NUR IKHSAN SMAN 2 Rambah Hilir, Rokan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.776

Keywords:

Aktivitas Siswa,, Hasil Belajar,, Metode Think Talk Write (TTW)

Abstract

Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif TTW pada siklus 1 diperoleh hasil aktivitas siswa, untuk indikator Sangat Baik (A) persentasenya 14%, untuk indikator Baik (B) persentasenya 44%, untuk indikator Cukup (C) persentasenya 39%, untuk indikator Kurang (D) persentasenya 3% dan untuk indikator Sangat Kurang (E) persentasenya 0%. Untuk siklus 2 diperoleh hasil aktivitas siswa, indikator Sangat Baik (A) persentasenya 28%, untuk indikator Baik (B) persentasenya 47%, untuk indikator Cukup (C) persentasenya 25%, untuk indikator Kurang (D) persentasenya 0% dan untuk indikator Sangat Kurang (E) persentasenya 0%. Hal ini ditunjukkan adanya perubahan sikap siswa dalam pembelajaran, diantaranya adalah interaksi dan kerja sama antar siswa semakin baik, siswa semakin mempunyai keberanian untuk mengemukakan ide dan pendapat di depan kelas. Pusat pembelajaran tidak lagi pada guru. Siswa dituntut untuk aktif mencari informasi serta harus dapat saling bertukar pikiran. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 67.50 pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 71,50 pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus 1 adalah 77,78%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 86,11%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi yaitu 85% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 60.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, M. 2008. Strategi Pembelajaran Think Talk Write. [Online]. Tersedia: http://mellyirzal.blogspot.com/2008/12/strategi-pembelajaran-think-talk-write.html. Diakses pada tanggal 28 Desember 2017
Ansari. 2003. Ebookbrowse. http://ebookbrowse.com/modelpembelajaran-menulis-dengan-teknik-think-pdf-d32454. Diakses pada tanggal 2 Januari 2017.
Anwar, Rosihan. 2004. Bahasa Jurnalistik Indonesia dan Komposisi. Yogyakarta: Media Abadi.
Arends, Richard I. 2008. Classroom Instrument and Management. USA: The Mc.Graw-Hill Companies.
Haryuniasih, Dwi Wuryatni. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Realia pada siswa Kelas XI TKJ-2 SMKN 1 Slawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Didaktika Jurnal Kependidikan I : 554-568. Semarang: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Ibrahim dan Nana Syaodih. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Jhonson, D.W., & Jhonson, R. 1994. Learning Together And Alone: Cooperative, Competitive, and individualistic, Englewood Cliff N.J,: Prentice Hall, inc. (terjemahan ebookbrowse http://ebookbrowse.com diunduh pada 4 Desember 2017.
Hartono, Bambang. 2000. Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: FBS. UNES.
Kridalaksana, Harimukti. 2005. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nuraini, Umri dan Indriani. 2008. Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrard. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Silberman, M. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yapendis.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Lerning. Bandung: Nusa Media.
Sudarwati. Th.M dan Eudia Grace. 2005. Look ahead X: an English Course for Senior High School Students Year X. Jakarta: Erlangga
Sudiati, Verro. 2005. Kiat Menulis Deskripsi dan Narasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Suparno, Muhammad dan Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijaya, Cece. 2007. Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yamin, M. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2021-03-14

How to Cite

IKHSAN, N. . (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Descriptive Melalui Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMAN 2 Rambah Hilir TP 2017/2018. Jurnal Edu Research, 9(2), 30–37. https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.776

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.