Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Metode Pratikum Materi Pokok Menunjukkan Perbedaan Sifat Benda (Padat, Cair, Dan Gas) Siswa Kelas V SDN 021 Kunto Darussalam
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.808Keywords:
Hasil Belajar,, Metode Pratikum,, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di kelas V ditemukan beberapa permasalahan yang terkait dengan hasil belajar Ipa siswa di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ipa siswa dengan menerapkan metode Pratikum Materi Pokok Menunjukkan Perbedaan Sifat Benda ( Padat, Cair, Dan Gas ) Siswa Kelas V Sdn 021 Kunto Darussalam T. A 2017/2018. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh Meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 75 dengan kategori baik, pada siklus II rata-rata meningkat 79,5 dengan kategori baik.Meningkatkan aktivitas guru pada siklus I rata-rata 80 dengan kategori baik, pada siklus II rata-rata 95 dengan kategori amat baik. Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus I 74,4 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 92,5 dengan kategori baik sekali. Meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 021 Kunto Darussalam , yaitu sebelum perbaikan 23 siswa rata-rata 65%, pada siklus I 26 siswa rata-rata 80%, siklus II meningkat menjadi 28 siswa rata-rata 90%.Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Pratikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa Materi Pokok Menunjukkan Perbedaan Sifat Benda ( Padat, Cair, Dan Gas ) Siswa Kelas V Sdn 021 Kunto Darussalam T. A 2017/2018.
Downloads
References
http://digilib.unila.ac.id/15190/3/langkah-langkah-metode-pratikum.pdf ( Di Unduh Tanggal 10 April Pukul 13 : 16 Wib ). Kota Lama. Riau
Andayani, dkk. (2011). Pemantapan Kemampuan Profesionasl. Jakarta : Universitas Terbuka
Arsjad, G Maida dan Mukti US. (1991). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Jurnal Pendidikan Widya Tama, Volume 2 No. 4. Desember (2005). Semarang: LPMP Jawa Tengah
Asma. Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Depdiknas.
BSNP. (2006). Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.
Hamalik. Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksana.
Majid, Abdul. (2008).Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Satori, Djam’an. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Taufik, Agus. (2010) .Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas.
Wardhani, I.G.A.K. dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S. dkk. (2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S. dkk. (2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat : Gaung Persada Press
Denny Setiawan. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta : universitas Terbuka.
Edgar Dale. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta. Dekti. Depdiknas.