PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Rahman Rahman SDN 008 Rambah Hilir Rokan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.804

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di kelas IV SDN 008 Kunto DarussalamPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya proses pembelajaran, peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN008 Kecamatan  Kunto Darussalam dengan jumlah siswa sebanyak 27 anak terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik memperpanjang masa observasi, pengamatan yang terus menerus, dan triangulasi. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Data  yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi  dan portopolio dianalisis  ke dalam  bentuk  deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan proses pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN 008 pada materi lembaga-lembaga negara. Hal ini dapat terlihat pada kegiatan siswa cukup bersemangat dalam belajar, seperti siswa belajar mandiri, berkomunikasi, mengemukakan pendapat dengan baik. Pemahaman belajar siswa dari kondisi awal hanya 10 siswa atau 28,57%, naik menjadi 25 siswa atau 71,43% pada siklus pertama, dan 94,29% atau 23 siswa pada siklus kedua, sedangkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal hanya sebesar  59,14, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  64,86 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 73,71 dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  9 siswa (25,71%) pada kondisi awal,  51,43% atau 18 siswa pada siklus pertama, 32 siswa atau 91,43% pada siklus kedua. Dari 35 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran 32 siswa atau 91,43% dinyatakan tuntas belajarnya dan tiga  siswa (8,57%) belum tuntas belajarnya, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran terlah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan metode diskusi kelompok terbukti dapat meningkatkan proses pembelajaran, pemahaman dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN 008 Tahun Pelajaran 2017/2018

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono, 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo. Persada
Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
B, Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Baharuddin. 2008. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-. Ruzz.
BSNP. 2006a. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Budiarjo. 2002. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung : Alfabeta
Daryanto. 2018. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani
Sejahtera
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka. Cipta
Djamarah, Sayiful Bahri, Drs., Zain, Aswan, Drs. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Gulo, W. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo
Heryanto, Imam, 2007, Membuat Database Dengan MS Office Access,. Informatika, Bandung
I.G.A.K. Wardani dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. UT.
Ingridwati Kurnia, dkk. 2008. Perkembangan Belajar Siswa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Komaruddin Hidayat dan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA. 2008. “ Pendidikan
Kewarganegaraan Civic Education; Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani”. ICCE UIN Syarif Hidayatullah bekerja sama dengan Penerbit Penada Media Group.
Lexy J. Moleong. 2008. “ Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Rosdakarya Remaja.
Mainuddin, Hadisusanto dan Mudjiono. 1980. Peranan Guru dalam Diskusi. Jakarta: PT. Rineka. Cipta
Martinis Yamin. 2007. “ Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan
Pendidikan”. Jakarta: Gaung Persada Press.
Moedjiono, dkk 1996. Materi Panduan Pengembangan Silabus dan Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Nana Sudjana. 2009. Metode Statistika, Bandung: Penerbit Tarsito, 1996
Nasution, S. 1996. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Permendiknas Tahun 2006 Tentang Standar Isi Kurikulum 2006 KTSP Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI.
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Ruminiati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sangidu. 2004. Penelitian Sastra, Pendekatan, Teori, Metode Teknik, Dan Kiat. Yogyakarya: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada.
Sudaryono, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Penerbit Graha Ilmu: Yogyakarta.
Sudrajat. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : CV. Pustaka
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Susilo, H, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Pustaka Book Publisher, Yokyakarta.
Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan
Penilaian. Jakarta PT Bumi Aksara.
Winataputra, Udin. 2009. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Rahman, R. (2019). PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DAN PROVINSI PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Edu Research, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.804