Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analisis

Authors

  • cicilia melinda UPP

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.800

Keywords:

Strategi Belajar,, Keterampilan Berpikir Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir analisis dapat memberikan hasil dan prestasi yang baik bagi generasi bangsa dan negara. Proses pembelajaran harus disertai dengan strategi pembelajaran, yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa, terutama kemamuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kritis analisis dan kreatif. Salah satu kemampuan berpikir yang akan dilatihkan analisis siswa yang meliputu orientasi, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Semua aspek tersebut memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis. Dengan adanya strategi belajar dan pembelajaran diharapkan proses belajar maupun pembelajaran IPS dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Kemampuan berpikir analisis dapat mempermudah individu dalam menyelesaikan permaslahan dan meningkatakan hasil belajar siswa. Seiring perkembangan teknologi dan zaman, hal tersebut juga menjadi motivasi agar pembelajaran IPS lebih bermakna dan terpakai dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Iskandarwassid, Dadang, Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. ogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

melinda, cicilia. (2020). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analisis. Jurnal Edu Research, 9(1), 62–66. https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.800

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.