Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dalam Mengajar Melalui Reward dan Punishment Oleh Kepala UPTD SD Negeri 01 Suliki Kecamatan Suliki
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.701Keywords:
Kinerja Guru,, Reward and PunishmentAbstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan guru yang dalam melakukan pekerjaannya dalam mengajar
memiliki rasa kurang bertanggung jawab. Selain itu ada juga guru yang sering bolos, tidak membuat
administrasi mengajar dan tidak mematuhi perintah. Dengan adanya guru yang mempunyai kinerja
rendah, akan sulit untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan
pada guru-guru UPTD SD Negeri 01 Suliki Kecamatan Suliki yang berjumlah 8 (delapan) orang
guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dansetiap siklusterdiri
dari dua pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus penerapan Reward dan Punishment efektif
untuk meningkatkan kinerja guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh
menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, pada
siklus I sudah ada peningkatan kinerja guru dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 namun masih belum
mampu mencapai nilai minimal yang ditetapkan. Namun, setelah dilakukan reward and punishment
lebih ditingkatkan maka pada siklus II sudah seluruh guru mampu meningkatkan kinerjanya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Reward dan Punishment dapat meningkat
kinerja guru dalam proses belajar mengajar di UPTD SD Negeri 01 Suliki Kecamatan Suliki.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta, Cet,VI.
Cholid, Narbuko.2007. Metodologi Penelitian. Jakarta:Bumi Aksara.
Danim S. 2002. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
David,freed R. 2006. Manajemen Strategi. Jakarta:Salemba Empat.
Djamah, S. 2004. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, Cet. IV.
Imron.Ali. 1993. Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta:Pustaka Jaya.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2013. Penilaian Kinerja Guru , Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
M. Ngalim Purwanto. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Moh.Uzer Usman. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Moleong, lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mudrajad Kuncoro. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta:Erlangga.
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.
Saefudin Saud. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Saiful Sagala. 2009. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sardiman AM. 2000. Inteaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Sarlito Sarwono, W. 2012. Pengantar Psikologi Umum, (Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Sondang P.Siagian. 2001. Manajemen Strategi. Jakarta:Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sulistyorini. 2001. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Madrasah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jakarta : Media Ilmu.
Suryabrata, Sumadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada,
Sutadipura. 2004. Kompetensi Guru dan Kesehatan Mental. Bandung, Angkasa.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Tim penyusun, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakata: Sinar Grafika, 2006 )
Undang-undang RI No.14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen(Penghargaan,pasal 36) Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,(Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Bagi Proyek Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir Nasional, 2003
Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2002
W. Mantja. 2005. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang:Winika Media.
Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta:Rajagrafindo Persada
Widyastusi, Yeni. 2014. Psikologi Sosial. Yogyakarta:Graha Ilmu