MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES DAPAT MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VI SDN 003 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • ROBINA SIMANJUNTAK Guru SD Negeri 003 Rambah

Keywords:

Example Non Examples, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan Hasil belajar Siswa pada Pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Example non Examples dari Pra Siklus , siklus I (pertemuan 1 dan 2) dan siklus II (pertemuan 1 dan 2).Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Examples, ketika mengajar dengan metode ceramah keaktifan siswa belajar sebagaimana pada table siswa yang tuntas 5 orang dengan rata-rata 21,74% dan yang tidak tuntas 18 orang dengan rata-rata 78,26%. sedangkan perilaku Aktivitas siswa hanya 52,17% , meningkat menjadi pada siklus I pertemuan 1 (75,65%) , pertemuan 2 (83,03%) menjadi pada siklus II pertemuan 1(87,83%) dan pertemuan 2 (93,91)% dengan KKM 75 .Kemudian perilaku aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1(68,67%) pertemuan 2(84,78%) menjadi pada siklus II pertemuan 1(96,38%) pertemuan 2(100%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herawati, Astri. Studi Komparasi Strategi Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Bloran Tahun 2013/2014. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Komalasari, Kokom.2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama

Poerwadarminto. W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta. 1986.

Fitriani, A. "Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Instrinsik Fabel Siswa Kelas V SD Negeri 136 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru." (2013)

Raka, Joni T. Strategi Belajar Mengajar, Depdikbud. IKIP Malang. 1980.

Surachmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metodologi Teknik, Tarsito. Bandung. 1980.

GBPP. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. 1999.

GBPP. Kelas IV, V, VI SD. Dinas Pendidikan Kab. Malang. 2002.

Kurikulum Th. 2004 SD dan MI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan TK SD dan PLB Jawa Timur. Tahun 2004.

Kurikulum 2013 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013

Pedoman Penggunaan KIT IPA di SD, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

SIMANJUNTAK, R. . (2021). MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES DAPAT MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VI SDN 003 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Edu Research, 10(1), 25–32. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/979

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.