Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Sisi, Sudut, Dan Rusuk Bangun Ruang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas II SD Negeri 004 Tambusai Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v12i1.2911Keywords:
keaktifan,, hasil belajar,, CTLAbstract
Penelitian tindakan kelas betujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi sisi, sudut, dan rusuk bangun ruang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri 004 Tambusai berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 8 siswa atau 29,63%, siklus I ada 16 siswa atau 59,26%, dan pada siklus II ada 25 siswa atau 92,59%. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan prestasi belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 57,41 menjadi 65,93 dan 75,93 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa atau 22,22%, siklus I ada 14 siswa atau 51,85%, dan pada siklus II ada 24 siswa atau 88,89%, walaupun masih ada 3 siswa (11,11%) yang belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran selesai dan berhasil pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 004 Tambusai Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar
Amin, Muhammad Asri. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Cendekia
Antonius Cahya Prihandoko. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
E.T Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito Bandung
Echols, John M and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Hamzah B. Uno; 2008, Orentasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.
Hopkins, D. 1993 A Teacher’s Guide to Classroom Research, Buckingham: Open University.
Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Ramayanti, Silfi. 2009. Pengaruh Pendekatan Problem-Centered Learning dalam
Pembelajaran Matematika Terhadap Kompetensi Strategis Siswa SMK. Skripsi sarjana pendidikan matematika FPMIPA UPI: tidak diterbitkan.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Saiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.
Sardiman A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto, 2011, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi.