Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Sisi, Sudut, Dan Rusuk Bangun Ruang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas II SD Negeri 004 Tambusai Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • FITRI YANTI SD Negeri 020 Rambah Hilir, Riau

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v12i1.2911

Keywords:

keaktifan,, hasil belajar,, CTL

Abstract

Penelitian tindakan kelas betujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi sisi, sudut, dan rusuk bangun ruang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri 004 Tambusai berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 8 siswa atau 29,63%,  siklus I ada 16 siswa atau 59,26%, dan pada siklus II ada 25 siswa atau 92,59%. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan prestasi belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  57,41 menjadi 65,93 dan 75,93  pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa atau 22,22%,  siklus I ada 14 siswa atau 51,85%, dan pada siklus II ada 24 siswa atau 88,89%, walaupun masih ada 3 siswa (11,11%) yang belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran selesai dan berhasil pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  metode CTL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 004 Tambusai Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar

Amin, Muhammad Asri. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Cendekia

Antonius Cahya Prihandoko. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

E.T Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito Bandung

Echols, John M and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Hamzah B. Uno; 2008, Orentasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Hopkins, D. 1993 A Teacher’s Guide to Classroom Research, Buckingham: Open University.

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Ramayanti, Silfi. 2009. Pengaruh Pendekatan Problem-Centered Learning dalam

Pembelajaran Matematika Terhadap Kompetensi Strategis Siswa SMK. Skripsi sarjana pendidikan matematika FPMIPA UPI: tidak diterbitkan.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.

Sardiman A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto, 2011, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

YANTI, F. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Sisi, Sudut, Dan Rusuk Bangun Ruang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas II SD Negeri 004 Tambusai Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edu Research, 12(1), 20–28. https://doi.org/10.30606/jer.v12i1.2911

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.