MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN 002 RAMBAH KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Model pembelajaran Inkuiri, pengelolaan dan pembelajaran BerhitungAbstract
Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan Hasil belajar Siswa pada Pelajaran matematika dengan menggunakan Model pembelajaran inkuiri. hasil penelitian menunjukkan melalui model inkuiri ternyata hasil belajar siswa meningkat. dari Pra Siklus , siklus I (pertemuan 1 dan 2) dan siklus II(pertemuan 1 dan 2). Dari hasil analisis didapat Ketercapain Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari pra siklus persentase hasil belajar siswa (66,67%) siklus I pertemuan 1 (75,24%) pertemuan 2 (80,71%) Siklus II pertemuan 1 (86,67%) pertemuan 2 (90,24%) Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas I SD Negeri 002 Rambah serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika .
Downloads
References
Ahmad Susanto, M. Pd. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana, 2016
Depdiknas, (2016) Permendiknas no 14 tentang Kopetensi indi dan Kopetensi dasar, Jakarta : Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional, (2006) Panduan Kurikulum Pendidikan (KTSP)SD/MI, Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, (2006) Permendiknas no 22 tentang Standar Isi, Jakarta : Depdiknas
Dimyanti, (2006)Belajar dan Pembelajaran , Jakarta : Rineka Cipta.
Gulo, (2002),Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo
Indrawati, Dra. (1999)Model – Model Pembelajaran matematika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Pusat.
Suryosubroto, (1993) Proses Belajar Mengajar di sekolah, Jakarta : Rineka Cipta..
Sumedang, STKIP Sebelas April. "Efektivitas dan pengaruh model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar." (2015).