Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Handout untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII B SMP Negeri I Tandun Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.779Keywords:
Model Kooperatife,, Handout,, Hasil Belajar,, IPAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tandun Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Handout. Penelitian ini merupakan peneliti tindakan kelas (PTK) dengan analisis deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2018 sampai Oktober 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tandun yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil analisa data yang diperoleh dari pencapaian hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan sebanyak II siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Diperoleh data hasil belajar kognitif sebelum PTK adalah 59,69%, sesudah PTK pada siklus I 66,09% dan pada siklus II hasil 73,13% . Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Handout dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Agnatesia. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII1 SMPN Tri Bhakti Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Kunandar. 2010. Guru Propesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikat Guru. Rajawali press: Jakarta.
Kurniawan, R. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIa MTS Negeri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Perhentian Raja Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva ress.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. PT Grafindo Persada: Jakarta
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta
Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Grafindo Persada: Jakarta
Slavin, R.E. 2005. Cooperatif Learning. Nusa Media: Bandung
Sudjana, N. 2009. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka: Jakarta
Trianto. 2009. Mendesain model Pembelajaran Inovatif progresif. Prestasi Pustaka: Jakarta.