Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Handout untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII B SMP Negeri I Tandun Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • SURIANI SURIANI SMP NEGERI 1 TANDUN

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.779

Keywords:

Model Kooperatife,, Handout,, Hasil Belajar,, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tandun Tahun Pembelajaran 2018/2019  dengan menggunakan Handout. Penelitian ini merupakan peneliti tindakan kelas (PTK) dengan analisis  deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus  2018 sampai Oktober 2018. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tandun yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil analisa data yang diperoleh dari pencapaian hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan sebanyak II siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Diperoleh data hasil belajar kognitif sebelum PTK adalah 59,69%, sesudah PTK pada siklus I 66,09% dan pada siklus II hasil 73,13% . Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan  Pembelajaran Dengan Menggunakan Handout dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. Suhardjono. Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta
Agnatesia. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII1 SMPN Tri Bhakti Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta
Kunandar. 2010. Guru Propesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikat Guru. Rajawali press: Jakarta.
Kurniawan, R. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIa MTS Negeri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Perhentian Raja Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva ress.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. PT Grafindo Persada: Jakarta
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta
Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Grafindo Persada: Jakarta
Slavin, R.E. 2005. Cooperatif Learning. Nusa Media: Bandung
Sudjana, N. 2009. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka: Jakarta
Trianto. 2009. Mendesain model Pembelajaran Inovatif progresif. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Published

2020-12-30

How to Cite

SURIANI, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Handout untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII B SMP Negeri I Tandun Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Edu Research, 9(2), 54–61. https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.779

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.