ANALISIS STRATEGI PEMASARANKOMODITAS KARET DI KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Yulfita Aini, EksaRusdiyana Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.626

Keywords:

Karet, Pasar Lelang, Rokan Hulu, Strategi pemasaran

Abstract

Kabupaten Rokan Hulu merupakan Salah satu kabupaten yang menghasilkan karet alam dipropinsi Riau. Pemasaran komoditas karet ini di kab.Rokan Hulu belum tertata dengan baik, ada yang melalui mekanisme pasar konvensional dan ada juga yang mekanisme sistem lelang. Namun kedua mekanisme tersebut masih memiliki kekurangan-kekurangan yang membuat masyarakat petani karet merasa dirugikan. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk merumuskan strategi pemasaran yang berpihak kepada masyarakat petani karet RokanHulu, sehingga diharapkan ada perbaikan mekanisme pasaruntuk komoditas karet. Pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasiserta FGD. Validitas data ditentukan dengan menggunakan traingulasi sumber. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa rendahnya kualitas karet petani, tekanan harga tauke serta panjangnya rantai pemasaran karet menyebabkan pemasaran karet tidak efektif. Strategi pemasaran karet yang perlu dilakukan antara lain perbaikan aspek kualitas karet petani,penguatan kelembagaan pasar lelang menjadi Unit Pengolahan dan Pemasar Bahan Olahan Karet (UPPB),serta dukungan pemerintah daerah berkaitan dengan pembinaan dan regulasi karet diRokanHulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPSRokan Hulu, 2015, RokanHulu dalam Angka, Rokan Hulu: BPS Rokan Hulu
Firdaus, M, 2008. Manajemen
Agribisnis. BumiAksara. Jakarta
Hendratno,E. H.(2008).Analisis Permintaan Ekspor Karet Alam Indonesia. Bogor:Institut Pertanian Bogor.
Lastinawati,E. (2014). Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Yang MenjualKaretKe Pabrik DanKe TengkulakdiDesa BatumartaIII KecamatanLubuk RajaKabupatenOgan Komering Ulu. No2 (Edisi Maret Tahun
2014).
Ragimun. (2010). Aanalisis Daya SaingKaretDan Produk Dari Karet Indonesia Terhadap China.
Suryaningrum,T. (2013).Strategi Pemerintah Indonesiauntuk eksporKaretPasca Krisis FinansialAmerikaSerikat(2009-
2010). eJournalIlmu Hubungan Internasiona.FakultasIlmu Sosial danIlmu Politik, dapatdiaksesdi eJournalIlmu Hubungan Internasional,2013,1(2):179-190
ISSN 0000-0000 , ejournal.hi.fisip-unmul.org © Copyright 2013.
Sutopo, H.B, 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, UNSPress, Surakarta

Downloads

Published

2017-03-22

How to Cite

Yulfita Aini, EksaRusdiyana. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARANKOMODITAS KARET DI KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 39–50. https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.626

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.