Reformulasi Strategi Pemasaran pada Toko Busana Muslim my Hijab: Aplikasi Analisis SWOT, Matriks CPM dan QSPM

Authors

  • Siti Titta Partini STIE Kridatama Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v8i1.58

Keywords:

Analisis SWOT, CPM, QSPM

Abstract

Toko Busana Muslim my Hijab, merupakan salah satu peritel pakaian Muslim yang terletak di wilayah Cimahi Selatan, Kota Cimahi.      Pada awal didirikan, sekitar tahun 2005, toko ini mengalami berbagai kondisi pasar yang fluktuatif dengan trend meningkat, namun tiga tahun terakhir ini nilai penjualannya terus menurun tajam.   Pemilik menduga hal itu terjadi dan terasa semakin berat setelah pesaing banyak yang berdatangan dan sejak beberapa pabrik di Cimahi Selatan tidak beroperasi lagi.  Karenanya, toko My Hijab perlu merumuskan formulasi strategi yang baru yang lebih adaptif dan relevan dengan lingkungan bisnis saat ini.  Penelitian bertujuan untuk  mengetahui dan menganalisis segmenting, targeting, positioning (STP) toko my Hijab,  lingkungan internal dan eksternal dan posisi persaingan toko my Hijab dan merumuskan kembali strategi pemasaran apakah yang paling tepat relevan dengan kondisi persaingan serta lingkungan bisnisnya.

 Sampel penelitian adalah pemilik Toko my Hijab, karyawan, masyarakat, pemilik toko pesaing serta konsumen.   Metoda pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur.  Metoda analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT, CPM (Competitive Profil Matrix) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa toko my Hijab menetapkan STP yang tepat namun kurang intensif dalam melakukan positioning,  kemampuan bersaing yang cukup, dan strategi yang paling sesuai adalah hold and maintain (menjaga dan mempertahankan) dengan implikasi strategi yang intensif  yakni penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT dan QSPM, merekomendasikan strategi   “Menjalin Kerjasama dengan Produsen Pakaian” adalah yang paling menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andara, M. A. B., 2012. Tesis: Pengaruh Penerapan Asean China Free Trade Area (ACFTA) terhadap Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia (Periode Tahun 2001 - 2010). Jakarta: FE Universitas Indonesia.
Badan Pusat Statistik Cimahi, 2018. Kecamatan Cimahi Selatan dalam Angka 2018, Cimahi Jawa Barat: BPS Kota Cimahi.
BPS Kota Cimahi, 2019. Kota Cimahi dalam Angka 2018. Cimahi: Badan Pusat Statistik Kota Cimahi.
David, F. R., 2011. Manajemen Startegis: Konsep. 12 ed. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
David, F. R., 2011. Manajemen Strategis Buku I. 12 ed. Jakarta: Salemba Empat.
Gilbert, J. A. S. a. F. E. F. a. D. R., 1996. Manajemen Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prenhailindo.
Hartono, R., 2013. Pengaruh Kerjasama Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) terhadap Pasar Domestik Produk Tekstil Indonesia. eJournal Ilmu Hubungan International, I(4), p. 2010.
Kotler, P. & Keller, K. L., 2016. Marketing Management. 15 ed. s.l.:Pearson Education Limited.
Kotler, P. & Keller, K. L., 2016. Marketing Management. 15 ed. s.l.:Pearson Education Limited.
Ommani, A. R., 2011. Strengths, Weakness, Opportunities and Threats (SWOT) Analysis for System Business Management: Case of Wheat Farmers of Shadervan District, Shoustar Township, Iran. African Journal of Business Management, 5(22), pp. 9448-9454.
Pratiwi, A., Sutopo, W. & Roni Zakaria, A. M. R., 2017. Formulating Strategy Through QSPM Based on SWOT Framework: A Case Sudy Spin-off Company in Malaysia. American Scientific Publishers, Volume 23, pp. 8646-8651.
Septiari, E. D., 2018. Perencanaan Strategi Pemasaran Batik di Prawirotaman menggunakan Analisis SWOT. Jakarta, National Conference of Creative Industry: Universitas Bunda Mulia.
Shri, C., Gupta, M. & Agrawal, A., 2017. Strategy Formulation for Performance Improvement of Indian Corrugated Industry: An Aplication of SWOT Analysis and QSPM Matrix. Journal of Applied Packaging Research, pp. 60-75.
Sindonews, 19 November 2018. Pabrik Garmen di Cimahi Tutup, 1.500 Karyawan Kehilangan Pekerjaan, Jakarta: iNews.id.com.
Sopamena, C. F., 2013. Rancangan Strategi Pengembangan Produk Toko Hotei Pusat Grosir Metro Tanah Abang. Journal of Management Business Review, 10(2), pp. 110-119.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Manajemen. 6 ed. Bandung: Alfabeta C.V..
Tjiptono, F., 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. 2012 ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tribun Jabar.id, 7 Desember 2018. Angka Pengangguran di Cimahi Masih Tinggi, Ini Cara Pemkot Cimahi Menguranginya, Cimahi: Jabar. Tribunnews.com.
Tribun Jabar, 31 Januari 2019. Jumlah Penduduk Kota Cimahi Terus Meningkat, pada 2013 Ada 570.991 jiwa, 2017 Capai 601.099 Jiwa. [Online]
Available at: jabar.tribunnews.com
[Accessed Minggu april 2019].

Downloads

Published

2019-05-07

How to Cite

Partini, S. T. (2019). Reformulasi Strategi Pemasaran pada Toko Busana Muslim my Hijab: Aplikasi Analisis SWOT, Matriks CPM dan QSPM. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.30606/cano.v8i1.58

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.