Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Rambah Hilir

Authors

  • Shopia Shopia Rau Dhatul Janah Mahasiswa
  • ilham rahmawati universitas pendidikan indonesia
  • ike betria universitas pasir pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i01.2583

Keywords:

Student Faciliator and Explaning, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Faciliator and Explaning terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 61 siswa di SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Test Post-Test control group design. Instrument penelitian menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi Normal dan Varians  nya Homogen. Rata-rata nilai Pre-Test kelas Eksperimen adalah 45,6 dan kelas Kontrol adalah 41,419. Rata-rata nilai Post-Test kelas Eksperimen adalah 69,6 dan kelas Kontrol adalah 54,194.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes diperoleh data thitung = 5,225 > ttabel  = 1,670. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Faciliator and Explaning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2022/2024.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Asyafah. 2019. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam)”.Jurnal Tarbawi, Vol. 6 No.1

Achmad Rozak Al Habsi, dkk .2015. “Penerapan Student Facilitator And Explaining dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Gaya pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonoharjo Tahun Ajaran 2015/1016”, Jurnal Kalam Cendikia, Vol. IV No.5.

Agus Saifuddin, Nasikh dan Sugeng Hadi Utomo. 2015 “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 02 Batu” Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. VIII No.1.Bandung: PT Refika Aditama,

Arikunto Suhasmini. 2016. Evaluasi Progam Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aris Shoimin, 2018. “Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013” (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,), h. 183.

Claudia P. Benggala .2017.”Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE ( Student Facilitator And Explaining ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tondano”. Semantic Scholar Journal Internasional

Darsono. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Dini Muslimatus Sajidin dkk. 2023 “pengaruh dari model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa di kelas IX MTs Negeri 9 Majalengka” . jurnal pendidikan IPS Vol.3.No.1

Siska Ryane Muslim, 2015 “Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK di Kota Tasikmalaya”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, Vol. 1 No. 1. h. 68.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Sundayana, R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta

Supriyono, Toto, 2014 ‟ Bara Setiawan, Dinawati Trapsilasiwi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Student Facilitator and Explaining SettingContextual Teaching and Learning (CTL) pada Sub Pokok Bahasan Prisma dan Limas Kelas VIII Semester Genap”. Jurnal Pancaran Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember, Vol. 3 No. 2 . h. 53.

Trianto 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas Konsep Landasan Teoristik Praktis dan Implementasi (Jakarta: Prestasi Pustaka),

Usiono, 2012. Aliran-aliran Filsafat Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, hal.78

Wijanarko, Y. 2017. Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendikia, 01(01), 52-59.

Yulia Siska. 2016. Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI (Yogyakarta: Garudhawacana), h. 3.

Yunus Abidin, 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT Refika Aditama,

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Shopia Rau Dhatul Janah, S., ilham rahmawati, & ike betria. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(01), 12–18. https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i01.2583

Most read articles by the same author(s)