UPAYA PELESTARIAN KESENIAN KUDA LUMPING TURONGGO SETO PADA MASYARAKAT DESA PASIR MAJU KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

  • Widiya Ningsih Universitas Pasir Pengaraian
  • Ilham Rahmawati Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Kesenian Kuda Lumping, Pelestarian.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai tradisi pada kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto di Desa Pasir Maju dan (2) upaya masyarakat dalam melestarikan kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto di Desa Pasir Maju. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui seluk beluk kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto, masyarakat yang mampu memandu jalannya pertunjukan kesenian Kuda Lumping, serta masyarakat yang mengetahui keberadaan kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proposive sampling-nonprobalistic. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat nilai-nilai tradisi yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan acuan dalam kehidupan masyarakat meliputi nilai religi, nilai gotong royong, nilai tanggungjawab, nilai persatuan, nilai etika, nilai solidaritas, dan nilai estetika, 2) Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto adalah adanya dukungan dari orang tua, masyarakat, dan anggota, dukungan dari lembaga pendidikan, pembinaan dari pemerintah, melakukan berbagai inovasi, mengajarkan ke generasi muda, dan melakukan latihan dan pertemuan rutin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifninetrirosa. (2005). Pemeliharaan Kehidupan Budaya Kesenian Tradisional dalam PembangunanNasional. Jurnal USU Universitas Sumatera Utara, 6.
Budi, A. S. (2019). Fungsi Kesenian Kuda Lumping Bagi Masyarakat Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: Universitas Riau.
Creswell, J. W. (1993). Research design:Pendekan Kualitatif dan Kuantitatif dan Miked. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gazalba, S. (1979). Kebudayaan Sebaga IIlmu. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Harsojo. (1988). Pengantar Antropologi. Bandung: Banacipta Bandung.
Hasan, S. S. (2011). Pengetahuan Ci Budaya Cultural Studi Sejarah Pendekatan Konseptual & Isu Menuju Studi Budaya Kapitalis Lanjut. Depok: Ar-Ruzza Media.
Ihromi, T.O. (1996). Pokok-pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Minarto, S. (2007). Jaran Kepang dalam Tinjauan Interaksi Sosial pada Upacara Ritual Bersih Desa. Jurusan Seni dan Desan Fak. Sastra: Universitas Negeri Malang.
Prasetyo, J. T dkk. (2009). Ilmu Budaya Dasar (Cetakan ke-3). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayogi, R & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-nilai Budaya pada Suku Bonai Sebagai Civiv Culture di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Humanika Vol.23 No 1 ISSN 1413-9418 , 74.
Riyanto, I. (2016). Pelestarian Bentuk dan Makna Kesenian Kuda Lumping Turonggo Mudo Desa Prigel Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworwjo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Rohidi, T. R. (2000). Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STSI Press.
Spradley, J. P. (2010). Metode Etnografi. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaryono. (2016). Antropologi Tari dalam Prespektif Indonesia. Yogyakarta: Media Kreativitas.
Triyanto. (2018). Pendekatan Kebudayaan dalamPenelitian Pendidikan Seni. Vol XII No 1 , 67.
Undang-undang Nomor5 Tahun 2007.
Winarsih. (2008). Mengenal Kesenian Nasional Kuda Lumping. Solo: PT Bengawan Ilmu.
Wiranata, I. G. (2011). Antropologi Budaya. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Published
2021-01-08
How to Cite
Widiya Ningsih, & Ilham Rahmawati. (2021). UPAYA PELESTARIAN KESENIAN KUDA LUMPING TURONGGO SETO PADA MASYARAKAT DESA PASIR MAJU KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. BAKOBA : Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 13-23. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/586