NILAI-NILAI TRADISI MARSIALAPARI MASYARAKAT MANDAILING DI DESA BANGUN PURBA TIMUR JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • ROSMA ROSMA WATI MAHASISWA
  • ilham rahmawati
  • Welven aida universitas pasir pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i01.2715

Keywords:

Tradisi, Marsialapari, Nilai-nilai

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah tradisi Marsialapari masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Marsialapari masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Bangun Purba Timur Jaya yang berjumlah 5.239 jiwa. Informan dalam penelitian ini adalah Raja, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat dan pemuda-pemudi dengan jumlah 34 orang. Teknik pengambilan informan penelitian adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam tradisi Marsialapari terdapat nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam kehidupan masyarakat yang meliputi nilai sosial budaya, nilai gotong royong, nilai moral, nilai toleransi dan nilai silaturahmi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atik Catur Budiati. 2009. Tradisi dan Kebiasaan Masyarakat. KITLV-Jakarta.

AG, Muhaimin. 2001. Islam Dalam Bingkai Budaya Lokal: Potret Dari Cirebon, Terj Suganda. Ciputa: PT Logos Wacana Ilmu.

Aricindy, argitha, dkk.2023. Kearifan Lokal Untuk Gotong Royong Di Indonesia: Investigasi Nilai Tradisi Marsiadapari Kecamatan Sianjur Mula-Mula Kabupaten Samosir Provinsi Sumatra Utara. Jurnal Ilmu Sosial Kasetsart. Vol. 044. No. 2.

Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Brata, Ida Bagus. 2018. “Kearifan Lokal Perekat Identitas Bangsa”. Jurnal Bakti Saraswati (JBS). Vol. 05 No. 01

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harahap, Rossa, dkk. 2020. “Tarbiyah Ukhwah Islamiah Dalam Dalam Tradisi Kearifan Lokal Tradisi Marsialap Ari”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al- Thariqah. Vol.5, No.2.

Hubberman, Michael. 2012. Qualitative Data Analysis. Jakarta: IU Press.

Khomariah, Nurul dan Afdayeni, Melia. 2023. “Marsialapari: Tradisi Masyarakat Mandailing Di Kampung Air Putih Nigari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat (1972-2021)”. Jurnal Riset Dan Publikasi Mahasiswa. Vol. 3, No.1.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Liliweri. 2022. Magna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta. PT Lkis Pelangi Aksara.

Masrutotul Hidayati, Dewi, Skripsi. “Hadis-Hadis Tentang Melestarikan Tradisi”. Institut Agama Islam Kediri, 13 April 2020

Meleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Niode, S.A. 2007. Perubahan Nilai-Nilai Budaya Dan Pranata Sosial. Jakarta: PT Pustaka Indonesia Press.

Oktavia, Nia. 2023. Tradisi Marsiadapari Masyarakat Batak Toba Dalam Perspektif Teori Solidaritas Emile Durkheim. Jurnal Diakonia. Vol.3. No1.

Pulungan, Dedi Zulkarnain. 2017.” Budaya Marsialapari Refleksi Pembentukan Karakter Masyarakat”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia.Vol 1, No1.

Setiadi, E.M, & Kolip U. 2011. Pengantar Sosiologi: Pemahaman Fakta Dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori Aplikasi Dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana

Siahaan, Manat dan Rahajeng, Lusia. 2022. “Peran Marsiadapari Dan Gugur Gunung Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kriten Di Sekolah”. Jurnal Educatio. Vo.8, No.3.

Sinambela, Daniel Parluhutan. 2020. “Solidaritas Sosial Petani Padi Sawah Desa Narumonda Vii Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir Sumatra Utara” (Studi Kasus Marsiadapari). JOM FISIP. Vol. 7.

Syani, A. 2002. Sosiologi Skematika, Teori, Dan Terapan. Jakarta. Bumi Aksara

Soekanto, S. 2008. Hukum Adat Indonesia. Jakarta.Raja Grafindo Persada

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali press: Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Triyanto. 2018. Pendekataan Kebudayaan Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, XII (1):65-76.

Warsito. 2012. Antropologi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sztompca, Piotr. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Preanda

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

ROSMA WATI, R., ilham rahmawati, & Welven aida. (2024). NILAI-NILAI TRADISI MARSIALAPARI MASYARAKAT MANDAILING DI DESA BANGUN PURBA TIMUR JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(01). https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i01.2715

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>