TRADISI MANGUPA-UPA PADA PERNIKAHAN MASYARAKAT MANDAILING DI DESA BANGUN PURBA TIMUR JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA

Authors

  • TARIZA TARIZA FITRI MAHASISWA
  • ilham rahmawati universitas pasir pengaraian
  • IKE universitas pasir pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i01.2585

Keywords:

Tradisi, Mangupa-Upa, Masyarakat, Mandailing

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya dan untuk mengetahui tentang apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Bangun Purba Timur Jaya dengan jumlah 5. 239 jiwa. Informan dalam penelitian ini yaitu Raja Adat, pucuk suku, tokoh agama, tokohmasyarakat, pemuda-pemudi dan masyarakat suku Mandailing dengan jumlah 35 orang. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba terdapat tiga tahapan. Adapun tahapan-tahapan nya adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba mengandung nilai-nilai yang erat kaitannya dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun nilai-nilai tersebut adalah nilai kerohanian, nilai sosial, nilai kebudayaan, nilai material dan nilai vital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. 2018. Mangupa Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam. Jurnal El- Qanuny, 4(1), 47-60

Dewi Salmiah Sari. 2018. Kecerdasan Emosional Dalam Tradisi Upa-upa Tondi Pada Etnis Mandailing. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya. Vol. 4, No.1

Fahmi Khairul S, dkk. 2018. Adat Upah-upah Dalam Pelaksanaan Perkawinan Bagi Masyarakat Kota Tanjung Balai Menurut Perspektif Hukum Islam. Journal of Islamic Law. Vol. 2, No. 2.

Febriana Ika, dkk. 2023. Perkembangan Tradisi Lisan Mangupa di Kalangan Masyarakat Sumatera Utara. Jurnal Protasis. Vol. 5, No. 1.

Florentino Mario. 2022. Pengaruh Adat Istiadat Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Maumere. Jurnal ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 4, No. 2.

Imron Ali, dkk.2021. Eksistensi Tradisi Mangupa Batak Mandailing di Kelurahan Yukum Jaya Lampung Tengah. Jurnal Satwika. Vol. 5, No. 1

Istiqamah, Rofina Nasution. 2016. Makna simbolik Tradisi Upah-upah Tondi Batak Mandailing di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. Vol, 3, No, 2.

Puspitawati, Hanim Syafira. 2016. Tradisi Mangupa-Upa Pangranto Masyarakat Batak Toba di Dusun Gunung Bosar, Bandar Manik-Pematang Sidamanik. Jurnal Antropologi dan Budaya. Vol. 2, No. 2.

Rusli, R. & M. 2021. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. AL-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Siregar Ramnaega L, dkk. 2022. Analisis Semiotik Upa-upa dalam Tradisi Lisan Manyonggot-nyonggoti di Tapanuli Selatan. Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia. Vol. 2.

Sirait Wahyudi, dkk. 2023. Mangupa Dalam Pernikahan Studi Pada Suku Batak Di Kabupaten Asahan. Journal For SoutheastbAsian Islamic Studies. Vol. 19, No. 2.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

TARIZA FITRI, T., ilham rahmawati, & IKE. (2024). TRADISI MANGUPA-UPA PADA PERNIKAHAN MASYARAKAT MANDAILING DI DESA BANGUN PURBA TIMUR JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(01), 18–25. https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i01.2585

Most read articles by the same author(s)