PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR IPS DI MTS NEGERI 3 ROKAN HULU

Authors

  • susi susanti universitas pasir pengaraian
  • Cicilia Melinda universitas pasir pengaraian
  • ilham rahmawati universitas pasir pengaraian

Keywords:

Peran guru,Motivasi ekstrinsik, Motivasi instrinsik

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada latar belakang masalah mengenai peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa dimana tugas guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas saja akan tetapi harus bisa memberikan motivasi kepada siswa.  untuk menumbuhkan motivasi belajar maka peranan guru sangatlah dibutuhkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS di MTS Negeri 3 Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru MTS Negeri 3 Rokan Hulu. Yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru IPS di MTS Negeri 3 Rokan Hulu yang berjumlah 4 0rang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik  purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Peranan guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik di MTS Negeri 3 Rokan Hulu ada 2 yaitu 1. Peran guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa, seperti  sebagai seorang motivator guru memberikan pujian, hadiah dan imbalan. Selain itu peran guru sebagai evaluator dengan memberikan ulangan serta memberi angka. sebagai fasilitator dimana guru membuat suasana kelas yang menyenangkan, memberikan fasilitas dalam proses belajar mengajar dan juga berperan sebagai mediator membuat siswa berkompetisi dan membuat persaingan pada siswa. 2 Peran guru dalam meningkatkan motivasi instrinsik siswa sebagai motivator seperti memberi penyadaran terhadap siswa, memberikan nasehat dan menumbuhkan minat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Utami, Risti Putri. 2021. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta; PT. Rajawali Pers.

Islam. Terjemahan Bustami A. Gani Dan Djohar Bahry. Bulan Bintang: Jakarta.

Arikunto. S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Friantini, Rizki Nurhana. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal: Jurusan Pendidikan Matematika.

Syafira H. 2023. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Minat Belajar Siswa Kelas I Di SDIP YLPI Pekanbaru. Jurnal: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Utami. 2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas V MIN 1 Kota Bengkulu Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal: Jurusan Pendidikan Islam.

Wardan, Khusnul. 2019. Guru Sebagai Profesi. Deepublish.

Wulandari, Kiky T. 2022. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 1 Bangunjaya Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Jurnal: Jurusan Pendidikan Islam.

Yunita, N, & Ain, S. Q. 2022. Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 170 Pekanbaru. Jurnal: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Ramadani, Amalia. 2019. Peranan Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Jurnal: Jurusan Pendidikan Agama islam.

Ramadhani, Ayu Diana. 2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Di Sekolah dasar. Jurnal: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

susi susanti, Cicilia Melinda, & ilham rahmawati. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR IPS DI MTS NEGERI 3 ROKAN HULU. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(01). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/2728

Most read articles by the same author(s)