PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 RAMBAH
Keywords:
Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar SiswaAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah adanya hasil belajar IPS siswa yang rendah dibawah nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS peserta didik di SMP Negeri 4 Rambah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Rambah yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling artinya teknik pengambilan sampel keseluruhan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sigifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa IPS siswa di SMPN 4 Rambah dibuktikan dengan hasil uji hipotesis thitung = 4,728 > ttabel = 2,001 pada tingkat keyakinan 95%. Besarnya kontribusi lingkungan sekolah terhadap hasil belajar sebesar 27,8%, sedangkan selebihnya 72,2% dipengaruhi olehh variable lain yang tidak menjadi pembahasan penelitian ini seperti motivasi belajar, disiplin belajar, kompetensi guru, minat belajar, pemahaman materi, dan intelegensi.
Downloads
References
Basri, Hasan. 2021. Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Modern. Jawa Barat: CV Jejak.
Davida, M. A. 2021. Kampf The Horizontal. Guepedia.
Dalyono. 2014. Psikologi Pendidikan, Bandung : RinekaCipta.
Djuku, Salnir., Ramly, &La Ode Amaluddin. 2022. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Watopute Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(3), 104-110.
Fauhah, Homroul, & Brillian Rosy. 2021. Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. (Online). 9(2): 326-327. (https://Journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080/4337) diakses 01 Mei 2023
Herman dkk. 2023. Psikologi Belajar Dan Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.
Ismaraidha, Asmidar, P., & Nanda R. A. 2023. Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.
Kholis, Nur. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Islam Unggulan Miftahul Ulum Bandar Sribhawono Lampung Timur TP. 2015/2016). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69-88.
Mahtumi, Ibnu., Ine Rahayu Purnamaningsih, & Tedi Purbangkara. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. 2019. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.
Riyadi, M. I., Muhammad Afandi., & Sari Yustiana. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas V SD Negeri di Gugus Pangeran Diponegoro Genuk. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahapeserta didik Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Rosa, A. T. R dkk. 2023. Pemberdayaan Peserta didik Sekolah Dasar Menuju Sekolah Sehat melalui Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).Jawa Tengah: Nasya Expanding Management.