PENINGKATAN DAYA SAING UKM BUNGA ANGGREK MELALUI PELATIHAN SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PERHITUNGAN BEBAN PENYUSUTAN

Authors

  • Yunia Reza Herawati Universitas Wiraraja
  • Nurun Fauqo Nur Universitas Wiraraja
  • Paramida Cantika Mahalti Universitas Wiraraja
  • Nur Hidayah Isnaini Universitas Wiraraja
  • Faizul Abrori Universitas Wiraraja
  • Moh. Ramadani Universitas Wiraraja
  • Wasifatul Kamila Universitas Wiraraja
  • Moh. Faisol Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.30606/jpmm.v4i1.3351

Keywords:

Social Media Marketing; Penyusutan Aset; Daya Saing UMKM

Abstract

UMKM memiliki peran vital dalam mendukung pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat sehingga peningkatan tata kelola dan pengembangannya menjadi penting. Pada pengabdian ini melakukan sosialisasi dan pelatihan pada UKM Bunga Anggrek dengan fokus utama berdasarkan hasil observasi dan pra reaseach adalah pemanfaatan social media marketing dan perhitungan beban penyusutan. Pengabdian ini akan memberikan dampak pada mengenalnya masyarakat luas pada produk-produk UKM Bunga Anggrek dan pemahaman perhitungan beban penyusutan aset tetap. Kegiatan ini dilakukan melalui lima tahapan yang terdiri dari observasi, pra research, membantu dan pertisipasi kegiatan produksi, pelatihan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi atas kegiatan yang dilakukan pelaku usaha memahami dan dapat melakukan perhitungan biaya penyusutan terhadap alat dan mesin yang mereka miliki, sehingga dapat mengantisipasi adanaya kerusakan mesin yang digunakan. Selain itu pelaku UMKM juga dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi instagram sebagai salah satu social media yang digunakan dalam pemasarannya, dan juga aplikasianya sebagai wadah pembuatan konten yang nantinya akan di upload dalam aplikasi instagram.

Downloads

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum†dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Faisol, M., Arifin, M., & Yandari, A. D. (2023). Edukasi Pengelolaan Keuangan dan Pajak untuk Keberlanjutan UMKM Pengrajin Alat Dapur. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 7(2), 403–414.

Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96–107.

Junaidi, M. (2023). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. Direktorat Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Mulyono, S. (2021). Strategi UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi. Dampak Pandemi Terhadap, 159.

Novianti, A., & Epi, Y. (2023). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK-EMKM). TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(7), 454–463. https://doi.org/10.47065/tin.v4i7.4677

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204.

Permana, I. D., Kwartatmono, D. N., & Faisol, M. (2020). POTRET PRAKTIK AKUNTANSI UMKM MENGHADAPI VISIT SUMENEP 2018 (STUDI KASUS UMKM AL-IHSAN). Journal of Accounting and Financial Issue (JAFIS), 1(1), 30-36.

Pramusinta, B. D. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Coffee Marroan†Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik [JIMSIPOL], 2(2).

Rahmadani, S. (2021). Analisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec. Selesai Kab. Langkat (Studi Kasus Pada Home Industri Krupuk & Keripik). Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 115–129.

Randika, F. (2018). PKM Pengembangan Teknologi Produksi dan Pemasaran Berbasis Digital pada Kelompok Penghasil Produk Furniture di Kelurahan Dawuhan Situbondo. Jurnal Integritas, 2(1).

Rusliyawati, R., Putri, T. M., & Darwis, D. (2021). Penerapan Metode Garis Lurus dalam Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap pada PO Puspa Jaya. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 1–13.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189.

Sentoso, A., Lady, Lady, Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). Pengaplikasian Alat Pemasaran Digital Terhadap UMKM Nuruto. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 9(1), 67–74.

Setiyani, A., Yuliyanti, T., & Rahmadanik, D. (2022). Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 425–433.

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–8.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Reza Herawati, Y., Fauqo Nur, N., Cantika Mahalti, P., Hidayah Isnaini, N., Abrori, F., Ramadani, M., … Faisol, M. (2025). PENINGKATAN DAYA SAING UKM BUNGA ANGGREK MELALUI PELATIHAN SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PERHITUNGAN BEBAN PENYUSUTAN. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.30606/jpmm.v4i1.3351

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.