OPTIMALISASI WADAH AMAN DAN TERSTRUKTUR BAGI MAHASISWA UNTUK MELUAPKAN EMOSI
DOI:
https://doi.org/10.30606/jpmm.v4i1.3040Keywords:
Emosi, Wadah aman dan terstruktur, mahasiswaAbstract
Pentingnya wadah untuk pengelolaan emosi mahasiswa menjadi salag satu hal yang harus diperhatikan guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dan mahasiswa dapat memiliki wadahyang aman dan tertruktur untuk melupakan emosi. Pengabdian ini dilakukan di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI untuk memfasilitasi mahasiswa terhadap kebutuhan wadah yang aman dan terstruktur yang dapat menjembatani mahasiswa. Terdapat 5 tahapan dalam melakukan pengabian. Dengan pengabdian ini diharapkan mahasiswa merasa lebih nyaman dan terhindar dari berbagai kasus mental yang mengganggu perkuliahan.
Downloads
References
Agustina, & Suhendro, G. A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kecemasan Akademik: Studi pada Mahasiswa Universitas X di Jakarta. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 70-92.
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana PH. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 299 - 306.
Audinia , S., & Nurwianti, F. (2023). Intervensi Empati untuk Menurunkan Gejala Depresi pada Mahasiswa. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 550-566.
Khairunnisaa, N., & Islam, A. F. (2024). Peran Pengalaman Child Abuse terhadap Penyesuaian Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi. SATWIKA: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 490-497.
Walinono, S., Nengsih, T. W., Ayuningrum, O., Hanifah, & Widyowati , A. (2024). Efektivitas Psikoedukasi Pengenalan Emosi untuk Meningkatkan Pemahaman Emosi pada Remaja. DIMASLIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Mulia Madani Yogyakarta, 42-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andiana Perizga, Aulia Apriani, Ghina’a Jayanthi Putri, Amira Deani, Raehan Kamil, Nikyta Yulia Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.