OPTIMALISASI WADAH AMAN DAN TERSTRUKTUR BAGI MAHASISWA UNTUK MELUAPKAN EMOSI

Authors

  • Andiana Perizga Universitas Riau
  • Aulia Apriani Universitas Riau
  • Ghina’a Jayanthi Putri Universitas Riau
  • Amira Deani Universitas Riau
  • Raehan Kamil Universitas Riau
  • Nikyta Yulia Rachman Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.30606/jpmm.v4i1.3040

Keywords:

Emosi, Wadah aman dan terstruktur, mahasiswa

Abstract

Pentingnya wadah untuk  pengelolaan emosi mahasiswa menjadi salag satu hal yang harus diperhatikan guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dan mahasiswa dapat memiliki wadahyang aman dan tertruktur untuk melupakan emosi. Pengabdian ini dilakukan di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI untuk memfasilitasi mahasiswa terhadap kebutuhan wadah yang aman dan terstruktur yang dapat menjembatani mahasiswa. Terdapat 5 tahapan dalam melakukan pengabian. Dengan pengabdian ini diharapkan mahasiswa merasa lebih nyaman dan terhindar dari berbagai kasus mental yang mengganggu perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, & Suhendro, G. A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kecemasan Akademik: Studi pada Mahasiswa Universitas X di Jakarta. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 70-92.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana PH. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 299 - 306.

Audinia , S., & Nurwianti, F. (2023). Intervensi Empati untuk Menurunkan Gejala Depresi pada Mahasiswa. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 550-566.

Khairunnisaa, N., & Islam, A. F. (2024). Peran Pengalaman Child Abuse terhadap Penyesuaian Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi. SATWIKA: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 490-497.

Walinono, S., Nengsih, T. W., Ayuningrum, O., Hanifah, & Widyowati , A. (2024). Efektivitas Psikoedukasi Pengenalan Emosi untuk Meningkatkan Pemahaman Emosi pada Remaja. DIMASLIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Mulia Madani Yogyakarta, 42-51.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Perizga, A., Apriani, A., Jayanthi Putri, G., Deani, A., Kamil, R., & Yulia Rachman, N. (2024). OPTIMALISASI WADAH AMAN DAN TERSTRUKTUR BAGI MAHASISWA UNTUK MELUAPKAN EMOSI. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.30606/jpmm.v4i1.3040

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.