PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DI SMKN 1 RAMBAH SAMO
DOI:
https://doi.org/10.30606/jpmm.v1i02.1424Keywords:
Pelatihan, Karya Tulis Ilmiah, SMKAbstract
Tujuan dari program kemitraan masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMKN 1 Rambah Samo terkait penulisan karya tulis ilmiah. Penulis menerapkan metode ceramah, presentasi, dan diskusi kepada siswa dalam memahami penulisan karya tulis ilmiah. Tahapan pelatihan ini terdiri atas 3 tahap, yaitu: (1) tahap persiapan yang meliputi persiapan bahan ajar dan sosialisasi ke SMK tersebut terkait waktu pelaksanaan pelatihan, (2) tahap pelaksanaan yang meliputi pemberian materi dan bimbingan kepada siswa SMK, dan (3) tahap penutup yang berkenaan dengan pengayaan pemahaman siswa terhadap materi. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan kegiatan ini yaitu siswa menjadi paham dan terampil dalam menulis karya tulis ilmiah. Selain itu, siswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tentang penulisan karya tulis ilmiah di sekolah dan termotivasi mengikuti perlombaan penulisan karya tulis ilmiah.
Downloads
References
Abas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Aktif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Faizah, Hasnah. 2009. Menulis Karangan Ilmiah. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Gani, Erizal. 2013. Menulis Karya Ilmiah: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press.
Syafie’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiastuti, Windi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Narasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare. Bandung: Repositori UPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Ari Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.