PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DI SMKN 1 RAMBAH SAMO

Authors

  • Rina Ari Rohmah Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Pelatihan, Karya Tulis Ilmiah, SMK

Abstract

Tujuan dari program kemitraan masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMKN 1 Rambah Samo terkait penulisan karya tulis ilmiah. Penulis menerapkan metode ceramah, presentasi, dan diskusi kepada siswa dalam memahami penulisan karya tulis ilmiah. Tahapan pelatihan ini terdiri atas 3 tahap, yaitu: (1) tahap persiapan yang meliputi persiapan bahan ajar dan sosialisasi ke SMK tersebut terkait waktu pelaksanaan pelatihan, (2) tahap pelaksanaan yang meliputi pemberian materi dan bimbingan kepada siswa SMK, dan (3) tahap penutup yang berkenaan dengan pengayaan pemahaman siswa terhadap materi.  Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan kegiatan ini yaitu siswa menjadi paham dan terampil dalam menulis karya tulis ilmiah. Selain itu, siswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tentang penulisan karya tulis ilmiah di sekolah dan termotivasi mengikuti perlombaan penulisan karya tulis ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Aktif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Faizah, Hasnah. 2009. Menulis Karangan Ilmiah. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Gani, Erizal. 2013. Menulis Karya Ilmiah: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press.

Syafie’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widiastuti, Windi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Narasi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare. Bandung: Repositori UPI.

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

Rina Ari Rohmah. (2022). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DI SMKN 1 RAMBAH SAMO. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(2), 56–67. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/JPMM/article/view/1424