Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh modal, kualitas sumber daya manusia dan promosi terhadap pemberdayaan umkm baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh usaha mikro kecil menengah (umkm) di kecamatan rambah. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik aksidental sampling dengan responden sejumlah 65 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini modal (x1), kualitas sumber daya manusia (x2), promosi (x3) dan variabel terikat pemberdayaan (y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program spss. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi y = 1.248  +  1.570x1 +  0.974x2 + 1.226x3. Secara parsial, diperoleh t-hitung modal 11.961, kualitas sumber daya manusia 8.654 dan promosi 22.206.  Secara simultan, diperoleh f-hitung 419.855. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95,2% pemberdayaan umkm dipengaruhi oleh modal, kualitas sumber daya manusia dan promosi, sedangkan sisanya 4,8 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan modal, kualitas sumber daya manusia dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemberdayaan umkm.

Keywords

Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia, Promosi, Pemberdayaan Umkm

Article Details

How to Cite
Yofi Darmadi. (2021). PENGARUH MODAL, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PROMOSI TERHADAP PEBERDAYAAN UMKM (STUDI PADA UMKM DI KECAMATAN RAMBAH). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 261–279. https://doi.org/10.30606/hirarki.v3i2.1373

References

  1. Adisasmita (2012). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
  2. Anoraga Panji (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gajah Mada University Press,Yogyakarta.
  3. Bennis (2011). Management Organization. South-Western, West Texas.
  4. Fadilah (2012). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  5. Ferdinand (2012). Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
  6. Ghozali, Imam. (2012). Pemasaran Dasar. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  7. Haryadi, Hendi. (2011). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staff. Jakarta :Transmedia Utama.
  8. Hasibuan (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
  9. Kotler Philips dan Amstrong. (2011). Manajemen pemasaran. Jakarta:Erlangga.
  10. Kotler Philips dan Keller (2011). Manajemen pemasaran. Jakarta:Erlangga.
  11. Lembang (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Aldabeta.
  12. Mardiyatmo (2011). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  13. Moekijat (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gajah Mada University Press,Yogyakarta.
  14. Mulyana (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Pusat Penerbit Administrasi Niaga, Bandung.
  15. Notoatmodjo, Soekidjo (2011). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  16. Nugroho (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Aldabeta.
  17. Pamungkas (2017). Pengaruh Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm) Dan Promosi Terhadap Pemberdayaan UMKM (Studi Kasus Pada Pemilik Usaha di Sekitar Pasar Babadan, Ungaran). Jurnal Manajemen Bisnis. Vol.6, No. 12. Hal 45-65.
  18. Purwanti (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  19. Rahardjo (2012). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Jakarta: Pustakaraya.
  20. Riduwan (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.
  21. Riyanto (2012). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
  22. Safitri (2018). Pengaruh Modal Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.10, No. 3. Hal 15-25.
  23. Saputra Gatot (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung :Rafika Aditama.
  24. Soegoto (2014). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  25. Sudjana (2009). Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  26. Suharso (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  27. Sugiyono (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  28. Sukidjo (2014). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Pemberdayaan UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No.10. Hal 10-23.
  29. Sumarjan, Selo (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia. Tambunan (2011). Evaluasi Kinerja Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  30. Susanto (2014). Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta:Salemba Empat.
  31. Tambunan (2012). Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
  32. Tanoni (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta:Erlangga.
  33. Tarigan (2011). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia, Amara Books,Yogyakarta.
  34. Umar Husein (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  35. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008 tentang UMKM
  36. Wirawan (2015). Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
  37. Zulkarnain (2012). Ilmu Menjual Pendekatan teoritis dan Kecakapan Menjual. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.