Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Tipe Permainan Panah Soal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kepenuhan

  • Hamid Syahropi Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Metode Bermain,, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain tipe permainan panah soal untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas di SMP Negeri 1 Kepenuhan. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain one-group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kepenuhan sebanyak 54 siswa yang terdiri dari dua kelas. sampel yang ditetapkan adalah kelas VII B sebanyak 28 siswa yang diambil secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar. Hal ini ditunjukan hasil yang diperoleh dari rata-rata persentase angket awal siswa 70,75% dan pada angket akhir menjadi 75,29%. berdasarkan hasil perhitungan korelasi yang telah diperoleh bahwa nilai rhitung= 0,998 sedangkan nilai rtabel sebesar 0,374. Dengan demikian rhitung lebih besar dari pada rtabel (rhitung  > rtabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar fisika siswa setelah menggunakan metode pembelajaran bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hardianto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Pasir Pengaraian: UPP Press.
Irawan, dan Sunardi. 2007. Pelajaran IPA-Fisika. Bandung: Yrama Widya.
Marjan, Johari. 2014. Pengaruh Pembelajaran PendekatanSaintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan KeterampilanProses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong. Jurnal. (online). Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.
Muliawan. 2009. Tips Jittu Memilih Mainan Positif dan Kreatif untuk Anak Anda. Jogjakarta: DIVA Press.
Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Main dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
Published
2020-12-30