PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs

THE INFLUENCE OF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE STUDENTS' STUDENTS' IPS STUDY OUTCOMES FOR THE VIII CLASS MTs

Authors

  • Hijriyati Universitas Pasir Pengaraian
  • Cicilia Melinda Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Student Team Achievement Division( STAD), Hasil Belajar, IPS

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa Kelas VII MTs Menaming. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achuviment Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Menaming. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 20 orang siswa dan siswa kelas VII B yang berjumlah 20 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan postest, dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung < ttabel dan diterima Ho apa bila thitung > ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung > ttabel = 2,666 > 1,682. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs menaming tahun pembelajaran 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperatif Idea Ruang-ruang. Jakarta: PT.Gramedia.

Hasman. 2008. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII7 SMP Negeri 9 Kendari Pada Pokok Bahasan Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams – Games – Tournament (TGT). Tersedia pada http: //hasman sulawesi01 blogspot.com/2008/08/meningkatkan-prestasi belajar 15.html. (diakses tanggal 10 Mei 2011).

Isjoni. 2019. Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Lutfi. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi, Teori, Praktek dan Penelitian. Padang :UNP Press.

Rahayu. 2003. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama.

Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajara Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-02-25

How to Cite

Hijriyati, & Cicilia Melinda. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs : THE INFLUENCE OF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ STUDENTS’ IPS STUDY OUTCOMES FOR THE VIII CLASS MTs . Bakoba : Journal of Social Science Education, 2(1), 141–150. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/1225