PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP
APPLICATION OF COOPERATIVE SCRIPT LEARNING MODEL TO INCREASE IPS STUDENTS' STUDENTS' LEARNING OUTCOMES
Keywords:
Belajar IPS, Pembelajaran Cooperative Script, hasil Belajar.Abstract
Komponen pendidikan yang dimaksud antara lain guru, materi pembelajaran, metode, media, teknik pembelajaran, sarana dan prasarana dalam lembaga penyelengara pendidikan. Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran antara lain guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Nilai hasil belajar siswa sebagian besar masih di bawah KKM. Tujuan perbaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan. Desain prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, serta (4) Refleksi. Keempat tahapan itu selalu dilaksanakan setiap kali pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa saat skor dasar siswa mencapai KKM 7 siswa (36,84%). Pada saat ulangan harian I siswa yang mencapai KKM naik sebanyak 13 siswa (68,42%) pada saat ulangan harian II siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa (78,95%). Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
References
A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta: Divapres.
Adiatma, Nizar Arga. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTsN Kediri 2.Program Studi S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Alit, Mahisa. 2002. Pembelajaran kooperatif, Apa, dan Bagaimana. Cirebon: SD Negeri 2 Bungkolor.
Anggoro,Toha.M.dkk. 2009. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Model Silabus Kelas IV. Jakarta : Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Entang, M. 1994. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial. Depdikbud: Dirjen Dikti Jakarta.
Hadi, Sutrisno.2007. Statistik. Yogyakarta: Andi.
Hamadi, Heru. 2009. Metode Pembelajaran Skrip Kooperative (Cooperative Script). Bandung: Pusat Ilmu.
Harahap, Halimah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah PekanbaruProgram Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Hasibuan dan Mujiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hasim, Y Ferasiska. 2014. Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo.
Isjoni & Kasmianto. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pekanbaru : Sutra Beata Perkasa.
Nuraida. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Dan Team Quiz Dalampelajaran IPS Di Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala Darussalam. Banda Aceh https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/21/model-pembelajarancooperative-script/)
Puskur. 2001. Kurikulum Berbasis Komperensi, Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Kompas.
Rahmawati, Ilham. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Studi Pendidikan IPS, Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 31, No.1, Juni 2021,
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Rohman, Pupuh Fathur. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama
R, Takari, Enjah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas pada Kegiatan Pengembangan Profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Bandung : PT Genesindo.
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Samlawi, Fakih dan Maftuh, Bunyamin. 1998. Konsep Dasar IPS. Bandung. Depdikbud.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slavin, RE. 1994. Educational Psichologi Theory and Pracfice Third Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Sudjana.
Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:SinarBaru Algensido Offset
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Supriono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryanto,Adi dkk. 2009. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Taufiq, Agus, dkk. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Bumi Aksara
W. Anitah.Sri.dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardhani, IGAK & Wihardit Kuswara. 2009. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Warsito. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Yanti, Irma. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Dan Model Cooperative Script Pada Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala Darussalam. Banda Aceh.