ANALISIS KAPASITAS DUKUNG FONDASI DANGKAL BERBENTUK SEGIEMPAT DENGAN PENAMBAHAN RIB PADA TANAH GAMBUT

(Studi Kasus Lahan Gambut Sontang)

Authors

  • Surya Pradana Universitas Pasir Pengaraian
  • Rismalinda Universitas Pasir Pengaraian
  • Pada lumba Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Daya Dukung, Fondasi, Tanah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kapasitas dukung fondasi dangkal perbentuk segiempat pada tanah gambut.Semua bentuk model fondasi dangkal yang akan diteliti adalah terbuat dari pelat besi dengan luas penampang yang sama yaitu 100  dengan model fondasi segiempat tanpa RIB dan model fondasi segiempat yang mempunyai kaki/RIB dengan panjang 50% x B dengan ketebalan pelat 9 mm. Berdasarkan pengujian kapasitas dukung fondasi dangkal dengan mengunakan metode mayerhoff di dapat hasil  dengan fondasi segiempat tanpa RIB 6,731125 kN/   dan dengan fondasi penambahan RIB 50% di dapatkan  hasil daya dukung  sebesar 14,75770314 kN/ , Terdapat  perbedan hasil perhitungan kapasitas dukung fondasi mengunakan metode terzagi di dapat hasil  dengan fondasi segiempat tanpa RIB 6,731145 kN/  dan dengan fondasi penambahan RIB 50% di dapat daya dukung sebesar 15,271292. Dapat di simpulkan dari hasil penelitian diketahui pengaruh perpanjangan fondasi dengan penambahan RIB lebih mampu menahan beban lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Das, Braja M, 1985, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik) Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Hardiyatmo, Harry Christady, 1992, Teknik Fondasi I, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Juanda,2010, Analisis Daya Dukung Tanah Fondasi Dangkal Berdasarkan Data Laboratorium, Jurnal INTEKNA, Volume 16, No. 1

Martini (2009), Analisis Daya Dukung Tanah Fondasi Dangkal Dengan Beberapa Metode, Majalah Ilmiah Mektek Tahun XI No. 2, Mei 2009

Nugroho,SA.2011. Studi Daya Dukung Fondasi Dangkal pada Tanah Gambut dengan Kombinasi Geotekstil dan Grid Bambu. Vol. 18 No. 1, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Riau, Kampus Bina Widya KM 12 Pekanbaru.

Rismalinda.2015. Analisa Fondasi Dangkal Berbentuk Segitiga Dan Lingkaran Dengan Penambahan RIBs (Rusuk), Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian.

S.A. Nugroho, Arief Rachman, 2010, Pengaruh Perkuatan Geotekstil Terhadap Daya Dukung Tanah Gambut Pada Bangunan Ringan dengan Fondasi Dangkal, Jurnal Sains dan Teknologi 8 (2), Jurusan Teknik Sipil Universitas Riau, Pekanbaru.

Usman,A.2014. Studi Daya Dukung Fondasi Dangkal Pada Tanah Gambut Menggunakan Kombinasi Perkuatan Anyaman Bambu Dan Grid Bambu Dengan Variasi Lebar Dan Jumlah Lapisan Perkuatan. Vol. 2, No. 3, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya Jl. Raya Prabumulih KM 32 Indralaya, Sumatera Selatan

Wulandari, EP.2014. Studi Daya Dukung Fondasi Dangkal Pada Tanah Gambut Menggunakan Kombinasi Perkuatan Anyaman Bambu Dan Grid Bambu Dengan Variasi Lebar Dan Jumlah Lapisan Perkuatan. Vol. 2, No. 3, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

[1]
Surya Pradana, Rismalinda, and Pada lumba, “ ANALISIS KAPASITAS DUKUNG FONDASI DANGKAL BERBENTUK SEGIEMPAT DENGAN PENAMBAHAN RIB PADA TANAH GAMBUT: (Studi Kasus Lahan Gambut Sontang)”, jurnaltaxiway, vol. 3, no. 1, pp. 32–42, Jan. 2024.