EVALUASI KAPASITAS TAMPUNGAN SALURAN DRAINASE

(Studi Kasus Drainase Lingkungan Jalan Pinang Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu)

Authors

  • Ziaul Haq Al Faruq Mahasiswa
  • Anton Ariyanto Universitas Pasir Pengaraian
  • Pada Lumba Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Drainase, Kapasitas, Saluran

Abstract

Perubahan tata guna lahan dapat mengancam keberadaan air tanah di kota, karena dapat menurunkan umpan air tanah, Sehingga apabila terjadi hujan, maka di beberapa daerah yang tingkat infiltrasinya kecil akan menjadi banjir dan genangan, salah satunya terjadi dilingkungan Jalan Pinang desa Pematang Berangan, sudah dibangun saluran drainase dengan lebar saluran 50 cm dan tinggi 60 cm, Tetapi jika hujan lebat turun, terjadi genangan akibat luapan air dari saluran. Dilatarbelakangi kondisi tersebut, maka dilakukanlah evaluasi kapasitas tampungan saluran drainase yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas tampungan saluran drainase pada kondisi sekarang dan mengetahui kemampuan kapasitas saluran drainase untuk menampung debit aliran maksimum. Penulisan ini dimulai dari pengumpulan data berupa data curah hujan, data jumlah penduduk dan data dimensi saluran, dilanjutkan dengan perhitungan intensitas curah hujan dan perhitungan debit aliran dengan menggunakan metode rasional. Dari perhitungan yang dilakukan, didapat Qhitung 0,04528 m3/det, sedangkan Qsaluran adalah 0,2701 m3/det. karena Qhitung < Qsaluran maka saluran ini masih mampu mengalirkan air. Terjadinya genangan, bisa saja diakibatkan adanya penumpukan sampah, sedimen pasir, dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert Wicaksono, S.T., M.T ; Doddi Yudianto, Ph.D, 2013. “Evaluasi Kapasitas Tampungan Dan Saluran Pembuang Pasca Keruntuhan Tanggul Kolam Tampungan Di Kawasan Perumahan”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan.

Buku Putih Sanitasi Kabupaten Rokan Hulu, 2015.

Dimitri Fairizi, 2015. “Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Di Subdas Lambidaro Kota Palembang”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Sriwijaya.

Faradlillah Saves, 2018. “Evaluasi Sistem Drainase Jatirejo – Ketapang Kecamatan Porong Paska Adanya Tanggul Lumpur Sidoarjo”. Jurnal Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Hasmar, HA.Halim. Drainase Perkotaan. Yogyakarta. UII Press. 2002

Linsley, Ray K. Teknik Sumber Daya Air. Jakarta. Erlangga 1986

Luthfi Kartiko dan Roh Santoso Budi Waspodo, 2018. “Analisis Kapasitas Saluran Drainase Menggunakan Program Swmm 5.1 Di Perumahan Tasmania Bogor, Jawa Barat”. Jurnal Teknik Sipil Institut Pertanian Bogor.

Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. ANDI Offset Yogyakarta, 2003.

Wiyono, Evy Harmani, 2018. “Analisis Kapasitas Saluran Drainase Pada Saluran Primer Medokan-Semampir Surabaya”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Dr. Soetomo.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

[1]
Ziaul Haq Al Faruq, Anton Ariyanto, and Pada Lumba, “EVALUASI KAPASITAS TAMPUNGAN SALURAN DRAINASE : (Studi Kasus Drainase Lingkungan Jalan Pinang Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu)”, jurnaltaxiway, vol. 3, no. 1, pp. 22–31, Jan. 2024.