ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PEMASANGAN BAJA RINGAN YANG ADA DI KECAMATAN RAMBAH

Authors

  • Husnul Waton universitas pasir pengaraian
  • Juli Marliansyah
  • Alfi Rahmi

Keywords:

Analisa, Produktivitas, Tenaga Kerja, Pasangan Baja, Rokan Hulu

Abstract

Abstrak — Proyek adalah suatu rangkaian kegiatan yang dikerjakan dalam waktu terbatas menggunakan sumber daya tertentu dengan harapan untuk memperoleh hasil yang terbaik pada waktu yang akan datang. Sumber daya merupakan faktor penentu dalam keberhasilan suatu proyek kontruksi. Sumber daya yang berpengaruh dalam proyek terdiri dari manusia, mesin, bahan alam, uang, dan metode pekerjaan. Baja ringan menjadi bahan yang umum dan populer dalam proyek konstruksi, salah satunya sebagai bahan rangka atap pengganti kayu atau baja konvensional. Dengan semakin banyaknya penggunaan material baja ringan, dibutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan pekerjaan tetap efisien dan efektif. Mengetahui nilai produktivitas merupakan salah satu kunci dari manajemen pekerjaan yang efektif.Standar Nasional Indonesia yang digunakan dalam proyek pemasangan baja ringan terdapat dalam SNI 8399 : 2017.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner kepada 30 responden dengan 10 kelompok tenaga kerja yang ada di wilayah  Kabupaten Rokan Hulu. Pngambilan sampel menggunakan teknik Sample Random Sampling sehingga setiap responden memiliki peluang yang sama. Pengkuran tingkat produktivitas pekerjaan pasangan baja ringan dilakukan dengan cara membandingkan rata-rata produkivitas tukang pasangan baja dengan SNI 8399 :2017 yang telah ditentukan dan dinyatakan produktif.

Hasil analisa menyatakan tingkat prduktivitas tenaga kerja di Kabupaten Rokan Hulu adalah sebesar 9,34 m2/hari > daripada SNI yaitu 7,22/OH, dimana dimesi yang paling mempengaruhi adalah variabel pengalaman kerja dan upah. Dari penelitian ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu perlu meningkatkan dan memaksimalkan Produktivitas Tenaga Kerja serta meningkatkan sumber daya manusianya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-01-2020

How to Cite

[1]
H. Waton, J. . Marliansyah, and A. . Rahmi, “ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PEMASANGAN BAJA RINGAN YANG ADA DI KECAMATAN RAMBAH”, jurnaltaxiway, vol. 2, no. 1, pp. 36–44, Jan. 2020.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.