ANALISA SIFAT FISIS TANAH TIMBUNAN SEBAGAI BAHAN MATERIAL KONSTRUKSI JALAN DESA KOTO TINGI (Studi Kasus : Desa Koto Tinggi ,Kecamatan Rambah, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu)

Authors

  • Eko Prasetio universitas pasir pengaraian
  • Rismalinda .
  • Anton Ariyanto

Keywords:

tanah lanau, sifat fisis tanah, tanah timbunan, bahan material konstruksi jalan

Abstract

Abstrak— Tanah adalah tempat untuk mendirikan sebuah struktur maupun konstruksi bangunan, baik konstruksi bangunan gedung maupun konstruksi jalan dan bisa digunakan sebagai bahan material kontruksi. Tanah merupakan salah satu material yang sudah tersedia di lapangan yang sangat ekonomis dan mudah didapatkan Masalah yang sering timbul ketika mendirikan konstruksi di atas tanah adalah sifat-sifat fisis tanah. Maka dalam perencanaan konstruksi besarnya pengaruh tanah perlu diperhitungkan secara matang

          Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sifat fisis tanah timbunan sebagai bahan material konstruksi jalan desa Koto Tinggi Kabupaten Rokan Hulu. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian sifat fisis tanah di \laboraturium. Pengujian yang dilakukan pada sifat fisis tanah  Hasil dari pengujian tanah timbunan di desa Koto Tinggi berdasarkan klasifikasi tanah menurut AASHTO tanah tersebut masuk dalam kategori tanah lanau berdasarkan nilai dari analisa saringan yang lolos saringan 200 berkisar antara lebih dari 35% samapi 50%, dengan  nilai berat jenis tanah 2,605, berdasarkan nilai batas cair dan index plastisitas masuk kategori A-4 yaitu masuk kategori sebgai tanah lanau.

          Tanah timbunan desa Koto Tinggi dikategori kan tanah berlanau berdasarkan penilaian sebagai bahan tanah dasar tanah tersebut berkategori biasa sampai jelek dapat disimpulkan tanah tersebut kurang baik sebagai bahan timbunan jalan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-07

How to Cite

[1]
E. Prasetio, R. ., and A. Ariyanto, “ANALISA SIFAT FISIS TANAH TIMBUNAN SEBAGAI BAHAN MATERIAL KONSTRUKSI JALAN DESA KOTO TINGI (Studi Kasus : Desa Koto Tinggi ,Kecamatan Rambah, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu)”, jurnaltaxiway, vol. 1, no. 1, pp. 46–53, Jul. 2019.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.