ANALISIS PENGARUH ADANYA U-TURN PADA RUAS JALAN HR SUBRANTAS KM 10,5 KOTA PEKANBARU TERHADAP KELANCARAN ARUS LALU LINTAS

Authors

  • salsabila putri nasution teknik sipil
  • Pada Lumba
  • Anton Ariyanto

Keywords:

U-Turn , Bukaan Median

Abstract

U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh U-Turn di Jalan HR Subrantas km 10,5 Kota Pekanbaru terhadap kelancaran arus lalu lintas dan Untuk mengetahui volume lalu lintas ,panjang antrian saat melakukan U-Turn dan derajat kejenuhan yang terjadi di ruas Jalan HR Subrantas km 10,5 Kota Pekanbaru.. Pelaksanaan pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan dua teknik pengumpulan data yaitu survei lapangan dan survei waktu tunggu kendaraan U-Turn.Dari hasil penelitian Analisa Kinerja Ruas Jalan Terdahap U-Turn. Studi Kasus Jalan H.R Subrantas  KM.10,5, Kota Pekanbaru dilakukan analisa data maka dapat diskripsikan hasil penelitian tersebut  Pengaruh U-Turn di jalan HR Subrantas km 10,5 kota pekanbaru terhadap kelancaran lalu lintas berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan, dimana  100 m sebelum U-Turn kecepatan kendaraan ringan 16,6 km/jam  menjadi 8,3 km/jam pada jarak 50 m ke U-Turn.Volume kendaraan tertinggi pada hari senin di sore hari Jalan H.R Subrantas KM.10,5 Kota Pekanbaru pada Hari senin pukul 16.00–17.00 WIB sebesar 1336,1 smp/jam. Hal inidisebabkan padatnya aktifitas pertokoan dan pada waktu jam pulang kerja yang sangat tinggi. Jalan HR Subrantas KM 10,5 Kota Pekanbaru tidak macet karena nilai Derajat Kejenuhan  dibawah toleransi 0,8 dengan tingkat pelayanan jalan C (arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan. Pengemudi dibatasi dalam memilih  kecepatan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mkji. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. In Departemen Pekerjaan Umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” (Pp. 1–573).

Mulliawan, M. (2016). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. 8.5.2017, 2003–2005.

Putra, Bura Dan. (2016). Analisi Pengaruh Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerjaruas Jalan (Studi Kasus U-Turn Jalan Laksada Adisucipto Depan Hotel Sri Wedari. 98–137.

Putra, A. A., & Sarewo, A. S. (2018). Pengaruh Pergerakan U-Turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kecepatan Arus Lalulintas Menerus (Studi Kasus Jalan Brigjen Myoenoes, Kota Kendari). Media Komunikasi Teknik Sipil, 17(1), 9–22.

Surijaya, Lalu Wira. (2013). Kajian Efektifitas U-Turn Pada Jalan Sriwijaya (Studi Kasus Didepan Toko Niaga Mataram). 2507(February), 1–9.

Syahputra, I. (2019). Pengaruh U-Turn Pada Persimpangan Empat Kayu Besar Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas ( Studi Kasus ). Duke Law Journal, 1(1).

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

[1]
salsabila putri nasution, Pada Lumba, and Anton Ariyanto, “ANALISIS PENGARUH ADANYA U-TURN PADA RUAS JALAN HR SUBRANTAS KM 10,5 KOTA PEKANBARU TERHADAP KELANCARAN ARUS LALU LINTAS ”, jurnaltaxiway, vol. 3, no. 1, pp. 51–58, Jan. 2024.