ANALISIS HUBUNGAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN V/C RASIO DIRUAS JALAN UMUM PEKANBARU-PETAPAHAN

Authors

  • pipi andryani andryani universitas pasir pengaraian
  • Alfi Rahmi Universitas Pasir Pengaraian
  • Khairul Fahmi Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Kata kunci — Kecelakan Lalu-Lintas, Rasio Volume Perkasitas.

Abstract

Kecelakaan merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia, termasuk pada ruas jalan umum Pekanbaru - Petapahan, dimana ruas jalan ini termasuk jalan arteri 1 yang merupakan jalan lintas umum dari Pasir Pengaraian menuju Pekanbaru dan juga sebaliknya dari Pekanbaru menuju Pasir Pengaraian, dari tingkat kecelakaan lalu lintas ruas jalan ini termasuk salah satu Black Spot. Rendahnya kualitas prasarana jalan dan jembatan, kurangnya fasilitas pelengkap jalan dan kelayakan sarana yang masih sangat kurang sehingga mengakibatkan meningkatnya resiko terjadinya kecelakaan lalulintas jalan. Lokasi penelitian ini adalah Di Ruas Jalan Umum Pekanbaru - Petapahan Km 18-22, Km 31-36 dan Km 60-65.  Adapun Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah Mengetahui sejauh mana pengaruh dari rasio v/c dengan tingkat kecelakaan lalu lintas dan Mengetahui pola kecendrungan pengaruh v/c rasio terhadap angka kecelakaan berdasarkan jenis dan fatalitas terjadinya kecelakaan. Hasil yang didapat yaitu dengan nilai R2 = 1 antara rasio volume per kapasitas dengan angka kecelakaan lalulintas dimana kenaikan volume per kapasitas membuat angka kecelakaan menurun hal tersebut terdapat di rasio 0,2 sampai 1 apabila volume per kapasitas naik maka angka kecelakaan menurun. Dari nilai kategori bobot keparahan terdapat 134 korban manusia, 28 orang meninggal dunia, 55 orang mengalami luka berat, dan 51 orang luka ringan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ditjen Perhubungan Darat (2002). Pelatihan Teknik Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Bina Marga

Dinas Perhubungan Provinsi Riau, 2014 – 2018. Laporan LaluLintash Harian Rata-Rata Per Tahun (LHRT).

Hanjar Dwi Hantoro, (2006). Analisis Hubungan Kecelakaan Dengan v/c Rasio Studi Kasus Jalan Tol Jakarta – Cikampek. Semarang : Tesis Universitas Diponegoro.

https://www.academia.edu/10380249/STTD_Part1_Pedoman_Kapasitas_Jalan_Indonesia_Baru_pengganti_MKJI_Kementerian_Pekerjaan_Umum_dan_Kementerian_Perhubungan_Indonesia

https://www.google.com/url?sa=t&rct= makalah-kecelakaan&usg

http://www.jonathansarwono.info/korelasi/korelasi.htm

https://www.academia.edu/29336490/STATISTIK_UNTUK_PENELITIAN_by_Prof._Dr._Sugiyono

I.Renta1 , A.F. Aboe 1 ,P.H.Fadjrin2, (2012). Analisis Hubungan Karakteristi Kecelakaan dan V/C Rasio, Studi Kasus Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 11- Km. 15. Makasar : Skripsi Universitas Hasanudin.

Murtopo, Ali (2013). Hubungan Rasio Volume Per Kapasitas Dengan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Dijalan Pantura Kabupaten Brebes. Semarang : SkripsiUniversitas Negri Semarang.

Peprizal, ABD. Kudus Zaini, Sri Hartati Dewi, (2014). Analisa Hubungan Lalu Lintas Dengan Volume Dan Kapasitas Jalan Rantau Bais – Ujung Tanjung Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Pekanbaru : Skripsi Universitas Islam Riau.

Polsek Tapung, 2014 – 2018. Laporan Tahunan Kecelakaan Lalu Lintas Pekanbaru – Petapahan.

Wahyu Tri Prasetyo, (2013). Analisis Hubungan Derjat Kejenuhan (v/c) dan Kecepatan Sesaat Trhadap Kejadian Kecelakaan”. Surakarta : Skripsi teknik sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wikipedia ,(2013). Kecelakaan Lalu Lintas.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

[1]
pipi andryani andryani, Alfi Rahmi, and Khairul Fahmi, “ANALISIS HUBUNGAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN V/C RASIO DIRUAS JALAN UMUM PEKANBARU-PETAPAHAN ”, jurnaltaxiway, vol. 3, no. 1, pp. 68–78, Jan. 2024.