Main Article Content

Abstract

Abstrak — Parkir merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi dan juga merupakan suatu kebutuhan, agar area parkir dapat digunakan secara efisien dan tidak menimbulkan masalah bagi kegiatan lain. Dikota Pasir Pengaraian  Permasalahan yang sering terjadi pada perbankan, swalayan dan Rumah makan Kota Pasir Pengaraian adalah area parkir.                               


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang menggunakan metode exsponensial Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui luas ruang parkir, satuan ruang parkir, on street parking dan kebutuhan ruang parkir pada pada sepeda motor, kendaraan ringan dan kendaraan ringan yang melakukan on street parking di badan jalan.


Hasil dari Penelitian dilakukan di pusat Kota Pasir Pengaraian, luas ruang parkir adalah jumlah tempat lokasi parkir pada suatu  kendaraan untuk memarkir yang mana panjang parkir (P) dikalikan dengan lebar parkir (l) dalam ukuran meter. Sembilan kawasan komersil Kota Pasir Pengaraian yang dilakukan survey potensi on-street parking yang paling bermasalah terdapat pada tiga kawasan antara lain Bank BRI, Bank Mandiri dan Rumah Makan Sahabat. Data yang di hitung antara lain sepeda motor, kendaraan ringan. Dilakukan dari survey kendaraan yang melakukan on-street parking, menghitung volume, SRP dan menghitung seberapa besar hambatan samping yang di hasilkan dari on-street parking dari ketiga kawasan tersebut, Menganalisa kawasan lain yang disurvey dari on-street parking Dikawasan Ilham mart, Swalayan bunda yang terletak di Kota Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu berjalan dengan baik, sehingga dapat ditarik kesimpulan luas parkir kendaraan roda 2 sebesar 498.5m2 dengan SRP 332 petak, untuk kendaraan ringan sebesar 321 m2 dengan SRP 28 petak, dan untuk on street parking 262.5 m2 dengan SRP 28 petak. Sehingga kebutuhan ruang parkir untuk semua jenis kendaraan  tidak tercukupi.


 

Keywords

Satuan Ruang Parkir on street parking

Article Details

How to Cite
[1]
Reski, K. . Fahmi, and A. . Rahmi, “analisis tingkat ketersediaan ruang parkir didaerah komersil kota pasir pengaraian”, jurnaltaxiway, vol. 2, no. 1, pp. 28–35, Jan. 2020.