PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SKRIPSI DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN SYARIAH IAIN SORONG
DOI:
https://doi.org/10.30606/jpmm.v4i1.3335Keywords:
Pelatihan akademik, Penulisan skripsi, Publikasi artikel ilmiah, Jurnal SINTA, Pendampingan penelitianAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Syariah IAIN Sorong dalam menulis skripsi dan mempublikasikan artikel ilmiah melalui pelatihan dan pendampingan intensif. Pelatihan ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan penelitian dan penulisan akademik yang memadai, sehingga mereka dapat menghasilkan karya ilmiah berkualitas serta mempublikasikannya di jurnal terakreditasi. Metode pelaksanaan PkM meliputi ceramah interaktif, demonstrasi praktis, diskusi kelompok, dan pendampingan individu. Peserta kegiatan terdiri atas mahasiswa semester akhir Fakultas Syariah dan Dakwah baik dari Program studi Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga, Bimbingan Penyuluhan Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam yang sedang menyusun skripsi atau memiliki minat dalam publikasi ilmiah. Materi yang disajikan mencakup: (1) tips dan trik menyusun skripsi secara efektif, (2) langkah-langkah sistematis penulisan skripsi, (3) pemanfaatan website pencarian literatur (Google Scholar, ScienceDirect, dan lainnya), (4) konversi skripsi menjadi artikel ilmiah, (5) strategi mencari jurnal terakreditasi SINTA, serta (6) teknik submit artikel ke jurnal nasional. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap metodologi penelitian dan penulisan akademik. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong produktivitas penelitian mahasiswa serta meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dari lingkungan Fakultas Dakwah dan Syariah IAIN Sorong
Downloads
References
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Dalman. (2021). Keterampilan Menulis. PT. RajaGrafindo Persada.
Didiharyono, D., & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235
Firman. (2015). Terampil Menulis Karya Ilmiah. Aksara Timur.
Fitria, T. N. (2019). Errors in Students’ Writing Composition in Simple Present Tense “MY DAILY ACTIVITY.†EDULANGUE, 2(1). https://doi.org/10.20414/edulangue.v2i1.318
Fitria, T. N. (2020a). Error Analysis Found in Students’ Writing Composition in Simple Past Tense of Recount Text. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 4(2). https://doi.org/10.29240/ef.v4i2.1154
Fitria, T. N. (2020b). Error Analysis in Using Simple Past Tense Found in Students’ Writing of Recount Text. Ahmad Dahlan Journal of English Studies, 7(1). https://doi.org/10.26555/adjes.v7i1.12238
Fitria, T. N. (2021). An Analysis of Regular and Irregular Verbs in Students’ Essay Writing. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 24(1). https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.2595
Fitria, T. N., & Pratiwi, D. N. (2020). Pengajaran Menulis Teks Deskripsi Berbahasa Inggris Dengan Media Visual. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01). https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.772
Graham, S. (2019). Changing How Writing Is Taught. Review of Research in Education, 43(1). https://doi.org/10.3102/0091732X18821125
Hadis Habibi, A. H. S., & Sarjit Singh, M. K. (2015). The effect of reading on improving the writing of EFL students. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 23(4).
Hakim, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya tulis Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo). Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.18
Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694
Hunanda Kuswandari, A. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410
Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.21009/aksis.010208
Maftuhin, A. (2020). Tanya Jawab Plagiarisme. Samudra Biru.
Nugraheni, A. S. (2019). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Prenada Media.
Rauf, Deddy Ibrahim, Agung Winarno, and Agus Hermawan. "Pemberdayaan Usaha Tali Rumpon Melalui Instagram Sebagai Media Sosial." COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 8 (2021): 482-487.
Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157
Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-Faktor Penghambat Pengerjaan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Taman Vokasi, 1(1). https://doi.org/10.30738/jtvok.v3i1.313
Soegianto, A. (2018). Penulisan Karya Ilmiah untuk Jurnal Internasional Bereputasi. Airlangga University Press.
Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1).
Yatmikasari, I. (2017). Studi Komparatif Penulisan Background Skripsi Mahasiswa Bahasa Inggris. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.32533/01206.2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Rahman, Azlan Ashari, Nurbayani, Dkk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.