PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA PANTI ASUHAN “BUDI MULYA” KECAMATAN RAMBAH
DOI:
https://doi.org/10.30606/jpmm.v1i02.2921Keywords:
Bimbingan Belajar, Matematika, Panti AsuhanAbstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Siswa diharapkan dapat memahami matematika dengan baik. Namun terkadang siswa belum dapat memahami materi matematika jika hanya mengandalkan pembelajaran di kelas. Perlu ada pembelajaran di luar kelas sehingga siswa dapat memahami materi matematika lebih mendalam, terutama siswa yang tinggal di Panti Asuhan. Untuk itu perlu dilakukan pendampingan bimbingan belajar bagi siswa di panti Asuhan Budi Mulya. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan memberikan bimbingan belajar matematika. Pada setiap kegiatan siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan tingkatan kelas masing-masing. Dengan metode ini siswa dapat mengikuti kegiatan secara intensif. Kegiatan ini menambah pemahaman siswa tentang materi matematika dan semangat serta motivasi belajar siswa semakin lama semakin meningkat. Diharapkan kegiatan ini dapat memicu semangat para siswa untuk lebih menyenangi dan mempelajari matematika.
Downloads
References
Ahmad, A., Negara, H. R. P., Kurniawati, K. R. A., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa melalui kegitan bimbingan belajar. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189-198.
Andayani, N. P. S. N., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).
Dekker, M. C., Ziermans, T. B., & Swaab, H. (2016). The impact of behavioural executive functioning and intelligence on math abilities in children with intellectual disabilities.Journal of Intellectual Disability Research,60(11), 1086-1096.
Hidayat, A. (2017). Konsep Diri dan Kecemasan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Bisnis Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 55-64.
Miftahillah, M. (2014). Hubungan Antara Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Nidhomiyah Jombang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 1(2), 139-156.
NCTM. (2000). Principles and Standars for school Mathematics. Reston: VA:NCTM
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.
Suherman, U. (2019). Bimbingan Belajar. J. Chem. Inf. Model.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jufri, Nurrahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.