PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA PANTI ASUHAN “BUDI MULYA” KECAMATAN RAMBAH

Authors

  • Jufri Universitas Rokania
  • Nurrahmawati Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jpmm.v1i02.2921

Keywords:

Bimbingan Belajar, Matematika, Panti Asuhan

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Siswa diharapkan dapat memahami matematika dengan baik. Namun terkadang siswa belum dapat memahami materi matematika jika hanya mengandalkan pembelajaran di kelas. Perlu ada pembelajaran di luar kelas sehingga siswa dapat memahami materi matematika lebih mendalam,  terutama siswa yang tinggal di Panti Asuhan. Untuk itu perlu dilakukan pendampingan bimbingan belajar bagi siswa di panti Asuhan Budi Mulya. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan memberikan bimbingan belajar matematika. Pada setiap kegiatan siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan tingkatan kelas masing-masing. Dengan metode ini siswa dapat mengikuti kegiatan secara intensif. Kegiatan ini menambah pemahaman siswa tentang materi matematika dan semangat  serta  motivasi  belajar siswa  semakin  lama  semakin  meningkat.  Diharapkan kegiatan  ini  dapat  memicu  semangat  para  siswa  untuk lebih menyenangi dan mempelajari matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., Negara, H. R. P., Kurniawati, K. R. A., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa melalui kegitan bimbingan belajar. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189-198.

Andayani, N. P. S. N., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Dekker, M. C., Ziermans, T. B., & Swaab, H. (2016). The impact of behavioural executive functioning and intelligence on math abilities in children with intellectual disabilities.Journal of Intellectual Disability Research,60(11), 1086-1096.

Hidayat, A. (2017). Konsep Diri dan Kecemasan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Bisnis Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 55-64.

Miftahillah, M. (2014). Hubungan Antara Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Nidhomiyah Jombang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 1(2), 139-156.

NCTM. (2000). Principles and Standars for school Mathematics. Reston: VA:NCTM

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.

Suherman, U. (2019). Bimbingan Belajar. J. Chem. Inf. Model.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Jufri, & Nurrahmawati. (2022). PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA PANTI ASUHAN “BUDI MULYA” KECAMATAN RAMBAH. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(02), 70–76. https://doi.org/10.30606/jpmm.v1i02.2921

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.