PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS DARI LIMBAH ORGANIK RUMAH TANGGA DI DESA KARYA MULA KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Defidelwina Universitas Pasir Pengaraian
  • Khusnu Abdillah Siregar
  • Sischa Febriani Yamesa Away
  • Anton Ariyanto
  • Laily Fitriana
  • Rina Febrinova
  • Yulfita 'Aini

Keywords:

sampah organik, kompos dan limbah rumah tangga

Abstract

Persoalan sampah adalah permasalahan tanpa batas waktu, karena akan ada sisa dari aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Hal ini berkaitan dengan pola hidup serta budaya masyarakat dalam mengelola lingkungan. Oleh karena itu, masyarakat perlu diberikan pelatihan dalam pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi kompos. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemandirian masyarakat dalam pengolahan sampah. Tahapan yang dilakukan adalah survey lokasi, mengundang peserta dan pelaksana penyuluhan proses pembuatan kompos. Penyuluhan dilaksanakan hari Rabu, 19 Januari 2022. Masyarakat memberi respon positif terhadap pelaksana penyuluh ini. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat memilki minat untuk melakukan pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Pudji. 2019. “Membuat Kompos Dari Sampah Rumah Tangga.” 2019. https://pertanian.pontianakkota.go.id/artikel/57-membuat-kompos-dari-sampah-rumah-tangga.html.

dlhk.bantenprov.go.id. n.d. “Membuat Kompos Dengan Aktivator EM4.” https://dlhk.bantenprov.go.id/upload/article/2020/Membuat_Kompos_Dengan_Aktivator_Em4.pdf.

Pramardika, Dhito Dwi, Gracia Christy Tooy, and Melanthon Junaedi Umboh. 2020. “Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair.” Jurnal Ilmiah Tatengkorang 4, no. 2: 67–71.

Rizal, Muhammad. 2011. “ANALISIS PENGELOLAAN PERSAMPAHAN PERKOTAAN (Sudi Kasus Pada Kelurahan Boya Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala).” Smartek 9, no. 2: 155–72.

Simdos.unud.ac.id. n.d. “Pembuatan Kompos.” https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penugasan_dir/630b0d1465bfe7ca885973dd15bb586f.pdf.

Subandriyo, Didi Dwi Anggoro, and Hadiyanto. 2012. “Optimasi Pengomposan Sampah Organik Rumah Tangga Menggunakan Kombinasi Aktivator Em4 Dan Mol Terhadap Rasio C/N.” Jurnal Ilmu Lingkungan 10, no. 2: 70–75. https://doi.org/10.14710/jil.10.2.70-75.

Wikiwand.com. n.d. “Pembicaraan Pengguna:Desa Karya Mulya.” https://www.wikiwand.com/id/Pembicaraan_Pengguna:Desa_Karya_Mulya.

Downloads

Published

2022-04-02

How to Cite

Defidelwina, Siregar, K. A. . ., Yamesa Away, S. F. ., Ariyanto, A., Laily Fitriana, Rina Febrinova, & Yulfita ’Aini. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS DARI LIMBAH ORGANIK RUMAH TANGGA DI DESA KARYA MULA KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(01), 40–45. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/JPMM/article/view/1174

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.