BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL) SISWA SDN 009 RAMBAH SAMO MELALUI PROGRAM MEMBANGUN DESA (PMD) UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN

Authors

  • Arcat Universitas Pasir Pengaraian
  • Azmi Asra Universitas Pasir Pengaraian
  • Nur Asiyah Universitas Pasir Pengaraian
  • Resvi Oktaviani Universitas Pasir Pengaraian
  • Vivi Arnita Universitas Pasir Pengaraian
  • Eni Purwanti Universitas Pasir Pengaraian
  • Rohimi Universitas Pasir Pengaraian
  • Fitri Utami Universitas Pasir Pengaraian
  • Suci Ramadani Universitas Pasir Pengaraian
  • Ayu Wulandari Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jpmm.v2i1.2935

Keywords:

BIMBEL, Pembelajaran Matematika

Abstract

Program Membangun Desa (PMD) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar lingkungan perguruan tinggi dengan melakukan identifikasi kemudian melakukan penanganan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Dengan adanya pengadaan kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dalam suatu program Membangun Desa (PMD) ini kiranya bisa mengatasi kesulitan para siswa dalam pembelajaran disekolah khususnya pembelajaran matematika. Metode pembelajaran yang digunakan adalah a. Metode pembelajaran ceramah b. Metode pembelajaran drill c. Metode pembelajaran jarimatika. Respon dari siswa peserta Bimbingan Belajar   (BIMBEL) adalah sangat baik dimana siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL). Hasil kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) yang telah dilaksanakan yaitu : a. Siswa mempunyai sarana atau wadah untuk bertanya mengenai pembelajaran yang baik dan benar. b. Siswa merasa terbantu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. c. Meningkatnya nilai pembelajaran matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Referensi

Wanti, L. P., & Sari, L. (2021). Pada Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia. 12(01), 9-15.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. 3(2), 15-20.

Nihayah, N. (2018). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Kejenuhan dalam Belajar pada Siswa Kelas XI di SMAN I Gerung Kabupaten Lombok Barat. ELHIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 53-64.

Armiatin, Septiwihartini, D., & Mahasiswa, Y. G. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SdN No. 4 Pangalasiang Melalui Bimbingan Kerja Kelompok. Jurnal Kreatif Online, 3(4), 200-214.

Fayakunikmah, G. M. (2019). Kontribusi Keikutsertaan Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Nilai Akademik Siswa Kelas Xii Jurusan Pemasaran Di Lbb Epsilon Gresik Gressynta Meidyna Fayakunikmah. 07(03).

Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1-11.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 161-174.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Arcat, Asra, A., Asiyah, N., Oktaviani, R., Arnita, V., Purwanti, E., … Wulandari, A. (2023). BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL) SISWA SDN 009 RAMBAH SAMO MELALUI PROGRAM MEMBANGUN DESA (PMD) UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.30606/jpmm.v2i1.2935

Most read articles by the same author(s)