INFLUENCE OF MOTIVATION TO STUDENTS' LEARNING ACHIEVEMENT WITH THE USE OF E-LEARNING AS AN INTERVENING VARIABLE

Authors

  • Desmita Wahyuni Universitas Pasir Pengaraian
  • Arfianti Novita Anwar a:1:{s:5:"en_US";s:28:"Universitas Pasir Pengaraian";}
  • Makmur Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

learning motivation, learning achievement, use of e-learning

Abstract

This study aimed to examine the impact of motivation on learning achievement by using e-learning as an intervening variable among students in the Management Study Program. The research was conducted among 657 active students between 2019 and 2022, with a sample of 87 respondents selected through purposive sampling. The independent variable in this study was the learning motivation of students, while the intervening variable was the use of e-learning and the dependent variable was the learning achievement. The data was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM PLS) and Smart PLS. The findings of the study indicated that learning motivation had a significant impact on the use of e-learning, but did not have a significant impact on learning achievement. On the other hand, the use of e-learning had a significant impact on learning achievement, and it also mediated the impact of learning motivation on learning achievement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdallah. (2018). Pengaruh Keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Agistiningsih. (2021). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar dengan minat belajar dan motivasi sebagai variabel intervening. Pendidikan dan Teknologi Informasi, 17 (4), 365-379.

Ajiatmojo, A. S. (2021). Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring.TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.525.

Anas Pratama, H. F., & Arief, S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar.J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 1. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7811.

Andy Hakim. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.

Asah Wiari Sidiq & Muryanto Agus Nuswantoro. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa SI Akuntansi FE Universitas Semarang. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi 1(1), 17-28. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.36

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133.

Cordiaz, M. (2017). Penerapan Smart Campus sebagai Pendukung Kegiatan Pendidikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(2),77.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., (2016). “An eLearning System for Agricultural Education”. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.

Darliah, L. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Penggunaan E-learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(2), 150–157.

Darsono Max. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.

Dewi Ginaib Fitriwati. (2018). The Effect Of Motivation on the Learning Achievement.

Dian Kusumaningtyas, Mar’atus solikah. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan E-Learning Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Effendi (2018). SISTEM Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Ma Darussalam Jombang. Melek IT Information Technology Journal, 2017, 3.2.

Fahruniza, A., Jaenudin, R., & Hasmidyani, D. (2021). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan E-Learning.Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 75–83. https://doi.org/10.36706/jp.v8i2.15309.

Fibria Anggraini Puji Lestari. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) 05 Nomor 02. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional,vol 05.

Fitri, N. A., & Basri, H. (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Moderasi.EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 609–618. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.1974.

Fitriwati, D. G. (2018). The effect of Motivation on the Learning Achievement. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching, 4(1), 198–207.

Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang :Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Latan, Hengky. (2017). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE.

Hakim, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Mahasiswa.Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 408–414. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1299.

Isma, dkk. (2023). Pengaruh Penggunaan ELearning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Prima Edukasia. 2(1).

Kamid, K., Anwar, K., Iriani, D., & Nawahdani, A. M. (2021). Analysis of interest and process skills in learning mathematics.Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 244–258. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.42640.

Khairul, dkk. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 13 Penukal Utara Desa Tempirai Timur Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, Vol. 02 No. 01.

Khotimah. (2020). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, F. A. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 838–844.

Maruli Tua Sitorus. (2020). Pengaruh Motivasi Antar Pribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Scopindo Media Pustaka.

Moses Kopong Tokang, Mbing Maria Imakulata. (2019). The Effect Of Motivation And Learning Behaviour On Student Achievement.. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Munir. (2009). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization Of E-Learning For Educators In Digital Era 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Jurnal Univ Pgri Palembang, 338–346.

Mustaqim. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Penidikan, (online) Vol. 12, No. 1

Nana. (2019). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo”, Jurnal Penelitan dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol. 10, No. 1.

Nurdin, Wahid, & Mardiana (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (Pjbl) Melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46.

Nuri Annisa Fitri. (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Moderasi. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 609 -. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.1974

Onno W. Purbo (2016). Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2-No.1.

Pranoto, dkk. (2009). Pengaruh Pengaplikasian E-learningTerhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). Jurnal Inovtek Polbeng-Seri Informatika, Vol 2, No.2.

Purbo, Onno W. dan Antonius AH. Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL: Merencanakan dan Mengimplementasikan Sistem e-Learning. (Jakarta: Gramedia).

Rahayu dan Fahlevi. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. Jurnal JPSD.vol.7 no.2.

Rahbini. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Telkom University program pendidikan jarak jauh tahun akademik 2013/2014. eProceedings of Management 2(1).

Rifai. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP”, Jurnal Riset pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2.

Riskey dan Riantina. (2020). Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. 1(1).

Rofiah dan Bahtiar. (2022). Analisis Penggunaan E-learning, Intensitas Latihan Soal, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173.

Sardiman. (2014) . INteraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali pers

Sari, W. F., & Kurniawati, T. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi.Jurnal Ecogen, 3(1), 176.

Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran,7(2), 346. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736.

Sary, F. P., & Prasetio, A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah E-Commerce di Universitas Telkom Bandung.Edum Journal, 4(1), 29–39.

Sidiq, A. W., & Nuswantoro, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang. Solusi, 19(2), 15–27. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Soraya, dkk. (2020). Pemberdayaan Mahasiswa Bisnis Digital Masuk Desa Melalui Pelatihan Marketplace Desa. Publika Pengabdian Masyarakat, Vol 4 . No. 2

Sugiyono. (2019). Statiska Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.

Solikah Mar’atus dan Kusumaningtyas Dian. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan E-Learning Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA). Blitar, Indonesia, 5(2), pp. 1–16. doi: 10.51289/peta.v5i2.442.

Suherma, L., Zawitri, S., Akuntansi, J., & Negeri Pontianak, P. (n.d.). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi I.

Sumadi. (2017). Integrasi dan Motivasi Belajar, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada,

Sutratinah. (2018). Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tjokro L. (2009). Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 2 Demak. Prosiding Konstelasi Ilmiah, 308–315.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510.

Uno. B Hamzah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Widya Fraenka Sari & Tri Kurniawati. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Jupe Uns,1 (3), 1–13.

Widodo, J., & Basori, I. S. (2018). Penerapan Problem Base Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Indrianto Setyo Basori.

Yemima Intan Sari, Novi Trisnawati. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Emik,vol.3 no 1.

Yusneli Syafari & Maria Montessori. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 3

Published

2024-03-02

How to Cite

Desmita Wahyuni, Anwar, A. N., & Makmur. (2024). INFLUENCE OF MOTIVATION TO STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT WITH THE USE OF E-LEARNING AS AN INTERVENING VARIABLE . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(01). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/2424

Most read articles by the same author(s)