Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.703Keywords:
Korelasi,, Kemampuan Berfikir Kritis,, Hasil Belajar,, Fisika DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar fisika dasar mahasiswa fisika semester 2 prodi pendidikan fisika.Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adala mahasiswa fisika dasar semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Teknik penggumpulan sampelnya mengunakan teknik sampling jenuh. Instrument penelitian berupa tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan korelasi.berdasarkan hasil penghitungan data diperoleh dengan menggunakan korelasi didapatkan bahwa rhitung 0,991 sedangkan rtabel 0,576. Dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel, Sehingga dapat disimpulkan bahwa dilihat dari interpretasi koefisien regresi kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar fisika mahasiswa mata kuliah fisika dasar berada pada kategori tinggi.
Downloads
References
Dewi, S. 2014. Efektivitas Alat Peraga Berbasis Teknologi Murah, Sederhana Dalam Pengembangan Fisika. Lampung: UNILA.
Fisher, A. 2009. Berfikir Kritis. Sebuah Pengantar, Bandung: Erlangga.
Nasution, M.A. ,2012. Kurikulum & Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Riduwan, M.B.A 2010. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung :Alfabeta.
Rusman, 2012. Model – Model PembelajaranMengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT rajagrafindo persada.