PENGARUH RENANG GAYA DADA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Rogen Rogendra Midona SMP Negeri 1 Siberut Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v11i1.1510

Keywords:

olahraga renang,, motorik kasar,, sekolah dasar

Abstract

Dalam gerak motorik kasar gerakan tangan dan kaki merupakan hal yang penting dan bisa di dapat ketika anak melakukan olahraga renang. Olahraga renang menjadi olahraga yang populer di semua usia, dari anak-anak hingga lansia, karena olahraga renang diangap menjadi olahraga bermasyarakat. Banyak manfaat olahraga renang, diantaranya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, untuk olahraga rekreasi, olahraga prestasi maupun sebagai olahraga pendidikandi setiap satuan pendidikan. Dalam melakukan gerakan renang gaya dada maka motorik kasar seorang anak akan bergerak, seperti gerakan kayuhan tangan, gerakan menendang kaki, gerakan korrdinasi, gerakan kelenturan, gerakan kelincahan. Olahraga yang dilakukan anak secara rutin maka perkembangan motorik anak lebih sempurna, dan terkoordinasi dengan baik, karena bertambahnya berat dan kekuatan badan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan jenis rancangan eksperimen pre-test post-test design pada kelompok-kelompok ekuivalen yang kemudian menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai perbandingan. Analisis data penelitian ini adanya pengaruh yang signifikan dari olahraga renang terhadap  kemampuan fisik motorik kasar siswa SMP kelas VII dengan hasil perhitungan kelompok eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh olahraga renang terhadap kemampuan motorik kasar siswa SMP. Analisis data penelitian adanya pengaruh yang signifikan renang gaya dada terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar yaitu Uhitung < Utabel 10<11

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamamah, f.w.. 2017" Model Pembelajaran Renang (FH) bagi siswa pra sekolah": jurnal pendidikan usia dini. 2(2) 358-368

Kurniawati, Nani. 2014. Renang Itu Mudah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Wicaksono D. dan Nurhayati F. 2013. “Survey Kemampuan Motorik Siswa SD Muhamadiyah Tahun Ajaran 2012-2013”. Jurnal Pendidikan Olahraga.

Santrock, J. W. (2007). Child development. New York: McGrow.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatid R&D. Bandung: Alfabeta

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (sebuah pengantar). Bandung: Alfabeta.

Orr, R.C,. and Tyler, B.J. 2008. DASAR-DASAR RENANG. Bandung : Percetakan Angkasa.

Karnadi, Indik. 2007. Renang. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Rogendra Midona, R. (2021). PENGARUH RENANG GAYA DADA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SMP KELAS VII. Jurnal Edu Research, 11(1), 24–27. https://doi.org/10.30606/jer.v11i1.1510

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.