PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL TES ULANGAN HARIAN MELALUI PELAKSANAAN KEGIATAN DISKUSI KELOMPOK DI SMP NEGERI 6 SATU ATAP RAMBAH HILIR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • AMAT BAJURI AMAT BAJURI SMP Negeri 6 Satu Atap Rambah Hilir, Rokan Hulu-Riau

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v10i2.2231

Keywords:

diskusi kelompok,, kemampuan, , soal ulangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan  kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian di  SMP Negeri 6 satu Atap Rambah hilir Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan 4 tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi  yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali tindakan pada setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah 6 orang guru kelas di  SMP Negeri 6 satu Atap Rambah hilir Teknik  pengumpulan  data dalam penelitian ini  adalah  observasi, dan  dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif  teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator kesiapan perangkat menyusun soal tes yang harus dipersiapkan guru sebagai langkah awal dalam menyusun soal tes yang terdiri dari silabus, RPP, buku pegangan guru dan siswa serta kisi-kisi soal, hasil penilaian meningkat dari 53,33, menjadi 65,83 dan pada siklus kedua menjadi 77,50 Pada indikator validasi teoritik per kompetensi dasar (KD), dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap penyusunan soal dengan mempertimbangkan tiap butir soal dengan KD yang terdapat pada silabus, hasil penilaian menunjukkan angka 42,67 pada kondisi awal, menjadi 62,67 pada siklus pertama dan 84,00 pada siklus kedua. Pada indikator Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes, dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap kemampuan guru dalam membuat soal dengan paramater sebanyak 50 soal dengan 4 option, hasil penilaian meningkat dari 34,17 menjadi 44,17 dan 50,00 pada akhir siklus kedua.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari ke tiga aspek penilaian di atas, semua perolehan hasil pada siklus kedua telah memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Satu Atap Rambah hilir dinyatakan tuntas dam berhasil pada siklus kedua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bittel L.R dan Newsrom J.W, 1996, Pedoman Penyelia, Pustaka. Jakarta: Binaman Pressindo. LPPM

Blanchard, Kenneth dan Spencer Johnson, 1982. The One Minute Manager, New York: William Morrow

Cherrington, J. David, 1995. The Management of Human Resource, New Jersey:Prentice Hall International, Inc.

Gay, L.R. 2000. Education Research: Competences for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Gomez-Mejia, R. Luis, dkk., 2001 Managing Human Resources. New Jersey:Prentice Hall.

Handoko, T. Hani, 1997, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Cetakan Keenambelas, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu SP. 1999. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara

Hikmawati, Afni. 2005. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada SMK Negeri di Wonosobo. Tesis tidak dipublikasikan. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Ibrahim Bafadal. 2003. Supervisi Pengajaran: Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara

Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.

Muchinsky, Paul M, 1993. Psychology Applied to Work, (Fourth Edition), Brooks/ Cole Publishing Company, New York.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2004. Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Piet Sahertian. (2000). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Ruki S.Achmad 2006 Sistem Manajemen Kinerja,Cetakan keempat, penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ruky, S. Achmad, 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Santoso, Singgih. 2006. Menguasai Statistik di Era Reformasi dengan SPSS 14. Jakarta: PT Gramedia.

Sudjana. 1982. Teknik Analisis Korelasi dan Regresi. Bandung: Transito.

Tilaar.H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Tunggal, Widjaja, Amien, 1997. Kamus Manajemen SDM dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Husaini. 2000. Pengantar Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wirawan, Sarlito. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

BAJURI, A. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL TES ULANGAN HARIAN MELALUI PELAKSANAAN KEGIATAN DISKUSI KELOMPOK DI SMP NEGERI 6 SATU ATAP RAMBAH HILIR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Edu Research, 10(2), 15–24. https://doi.org/10.30606/jer.v10i2.2231

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.