Faktor-Faktor Mempengaruhi Kemenangan Pilihan Raya Umum Gubernur Riau 2018
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30606/cano.v11i1.1670Keywords:
Faktor, Strategi, Komunikasi Politik, Pilkada, RiauAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk strategi komunikasi politik yang digunakan sebagai faktor yang mempengaruhi kemenangan Syamsuar dan Edy Nasution dalam Pilkada Gubernur Riau. Sejauh mana strategi komunikasi politik yang digunakan oleh kontestan dan tim sukses memilih strategi yang tepat untuk memenangkan kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan diskriptif, dimana temuan diperoleh melalui wawancara dan focus group discussion (FGD), teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang akan berkembang terus menerus (snowball). Sudah puas atau jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi pemilih yaitu, faktor pemberitaan media massa, faktor dukungan parpol yang tepat, faktor kedekatan sosial calon perseorangan dengan pemilih, faktor citra positif yang melekat pada calon perseorangan, faktor penampilan sederhana yang menyentuh hati pemilih, faktor finansial dan faktor pemasaran politik.
Downloads
References
Akbar, A. (2016). Pengaruh Money Politics Terhadap Partisipasi Masyrakat Pada Pilkada 2015 Di Kabupaten Bulukumba (Studi Kasus Desa Barugae Kec.Bulukumpa). http://repositori.uinalauddin.ac.id/4813/1/AKBAR.pdf.
Azed, A. B. (1987). Sistem Pemilu di Indoensia. DOI:http://dx.doi.org/10.21143/jhp.vol17.no2.1304.
Fuad, A., & Kandung, S. N. (2014). Panduan Praktis Penelitian. Kualitatif.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lexi, J. (2004). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung:PT.Remaja Rosda karya.
Lobolo, M., & Ilham, L. (2017). Partai politik dan sistem pemilihan umum di Indonesia : teori, konsep dan isu strategi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2017.
Meliala, W., & Serui, S. O. (2020). FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Penerapan Strategi Bertahan Dan Menyerang Untuk Memenangkan. 617-Article Text-14871-10-20201109
(1).pdf
Persaingan.
PKPU. (2017). Peraturan Komisien
Pemilihan Umum Nombor 7 Tahun
tentang Kempen Gabenor dan
Timbalan Gabenor, Bupati dan
timbalan Bupati dan/atau Walikota dan
timbalan Walikota pada ketentuan
Umum poin 15 bahawa kempen
pemilihan.
Robert K, Y. (2012). Journal Article
Reviewed Work: Case Study Research.
Design And Methods 4 Th Ed.
https://www.jstor.org/stable/23279888.
Rosit, M. (2012). Strategi Komunikasi Politik
dalam Pilkada (Studi Kasus
Pemenangan Pasngan Kandidat Ratu
Atut dan Rano Karno pada Pilkada
Banten 2011).
https://scholar.google.co.id/citations?us
er=Me1Miy8AAAAJ&hl=id. 1–122.
http://lib.ui.ac.id/detail?id=20301204&l
okasi=lokal#horizontalTab1
Saleh, Z. A. (2008). Demokrasi dan Partai
Politik. https://ejurnal.peraturan.go.id/index.php/jli/arti
cle/view/289/175.
Stromback, J., & Kiousis, S. (2014).
Pemanfaatan Media Sosial Facebook
Sebagai Strategi Komunikasi Politik.
https://www.researchgate.net/publicatio
n/342391030.
Surahmadi, S. (2017). Strategi Pemenangan
Politik Pasangan Idza-Narjo Dalam
Pemilukada Kabupaten Breber Periode
-2017.
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/
politika/article/view/15187.
Yenrizal, & Izomiddin. (2018). Strategi
Komunikasi Politik Berbasis Isu
Lingkungan Pada Pemilihan Umum
Kepala Daerah Palembang.