PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs As-SYAFI’IYAH PENDALIAN IV KOTO
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3113Keywords:
Lingkungan, Keluarga,, Hasil BelajarAbstract
Latar Belakang Penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa di MTs As- Syafi’iyah Pendalian IV Koto yang salah satu faktor nya disebabkan oleh Pengaruh Lingkungan Keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs As- Syafi’iyah Pendalan IV Koto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi, Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa kelasVIII dan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan nilai rata- rata variabel lingkungan keluarga 61,64% masuk kedalam kategori Kuat, sedangkan hasil belajar dengan rata-rata 69,02 masuk kedalam kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung 9,176> ttabel 1,680 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signfikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs As-Syafi’iyah Pendalian IV Koto. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS dengan Nilai Kontibusi 67,5% sedangkan sisahnya 32,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini bagi Sekolah adalah agar menjaga dan menanamkan sifat disiplin siswa di MTs As-Syafi’iyah, dengan cara memberikan arahan, bimbingan dan kedisiplinan siswa dalam belajar dikelas agar anak mentaati peraturan yang ada.
Downloads
References
Abi Febriansyah. 2017. Pengaruh Lingkungan Keuarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 2 Metro Tahun Pelajaran.
Aliza Qutrotun Nadza. 2022. Pengaruh lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII di MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo.
Ahmadi, A., & Nur,U. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Andri Pranata, Hayati. 2020. Pengarah Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas XII IPS di SMAN 15 Inerangi. Jurnal ekonomi dan Pendidikan,. Vol 5 NO 2. Tahun Publis 25 Desember.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Asrosi, 2020. Psikologi Pendididkan Pendekatan Multidisipliner. Jawa Tengah : CV. Pena Persada.
Darsih Rumadaul, Theophany Rampisela. 2021. Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ikhlas Ambon, Jurnal Pendidikan, Vol 1 no 1.
Dewi Sartika rahayu, Novi Thanawati. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Melalui Motivasi Belajar, Jurnal ilmiah kependidikan Vol 2 NO 2.Tahun Publis 07 Juli.
Eny Hidayati, M.Pd. Djumali 2015. Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu, TahunAjaran 2014/2015.Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Farhan Snekudin Wahid, Didik Tri Setiyoko. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal limiah Indonesia vol 5 No 8 Agustus.
Fefiri Indra Azra, Husman Jamil. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi siswa kelαs X SMKN 1 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan, vol 2 no. 2.Publis 10 Febuari.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Iga Seftannecy, Parijo. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Ekonomi di SMK Abdi Wacana.
Intan Nurlita Sari. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Mediasi Motivasi Belajar Siswa.
Indah Purnamasari 2019. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 4 Gowa.
Melya Indrianti 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X di SMK Jakarta Timur 1.Jurnal Intelektium, vol 3, N0 2, publis 7 Semtember.
Nofitria Eka Putri, 2019. Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. Junal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 3, N0. 2, Publis 7
Januari 2019
NS. Sukmadinata.2016. Landasan Psikologi. lingkungan keluarga. Bandug : PT.Remaja Rosdakarya.
Parwati. 2019. Indikator lingkungan keluarga,Jakarta:Kencana.
Prof. Dr. Sugiyono. 2019. Metode Penelitia Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, (R&D). Bandung:Alfabeta.
Ridwan dan Akdon, 2009. Teori Populasi dan Sampel Penelitian.Jakarta: Bumi Aksara
Sarah Diah Hartanti, 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar akuntansi, Universitas ndraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia, Jurnal Pendidikan IPS,vol 5(3).
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2013.Faktor-faktor Lingkungan Keluarga.Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Rahayu. 2016. Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan. vol 5 no.1.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 26 ed. Bandung:Alfabeta,.
Tri Khosnul Khotimah, 2020. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 terpadu melinting lampung timur.
Welven Aida, Rina Ari Rohmah, 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 2, No. 1 2020, Publis 29 Februari 2020.
Widia Indra Kartika,Suhartono. 2021. Hubungan lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS siswa disekolah Dasar. jurnal ilmu pendidikan. Tanggal terbit 06 Februari.