PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 RAMBAH HILIR
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3114Keywords:
Interaksi,, Teman Sebaya,, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa di SMP Negeri 1 Rambah Hiliryang salah satu faktor nya disebabkan oleh Interaksi Teman Sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Ramah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana, Populasi 79 siswa kelas VIII dan teknik sampel yang digunakan adalah total sampling serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai variabel interaksi teman sebaya 70,27% masuk kedalam kategori Kuat, sedangkan hasil belajar dengan rata-rata 64.38% masuk kedalam kategori Cukup. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai 16.455 > 1,664 pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Hilir. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII dengan 77,7% sedangkan sisanya 22,3% dipengaruhi faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti motivasi belajar, kecerdasan, lingkungan keluarga dan sebagainya. Saran dalam penelitian ini bagi kepala sekolah agar diharapkan untuk menciptakan lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan teman sebaya.
Downloads
References
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ahmad Syafi’I, Tri Mafrianto, Siti Kholidatur Rodiyah,. 2018.Studi Tentang Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal KomunikasiPendidikan, Vol. 2.
Anna Nuryuliani, 2017. Berjudul Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil BelajarIps
SiswaKelas VIII Mts AlMursyidiyyah Pamulang.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Bahri, Syaiful Djamarah .2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Ineraksi Eduktif, Jakarta :Rineka cipta.
Cahyani, Choirum Setiyoningrum, 2020. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan KebiasaanBelajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020
Febli, Yusriko. 2017, Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru, Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Pekan Baru, 02 september.
Hartono. 2010. AnalisisInstrument Penelitian Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Hasman,2006 ,Pendidikan keluarga, Bandung: Alfabeta.
Hermansyahya .2021. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa MTsS Ulumul Qur’anMetode
W.A. Gerungan, Psikologi Sosial (Bandung: Eresco, 2002).
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Jhon W. Santrock .2003. Perkembangan anak, Jakarta : Erlangga
Khairani, Tuti. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan. Klaten: Tahta Media Grup
Latifah Hidayat,Nur, Septiana Wijayanti dan Fery Firmansah. 2023. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 10. Online
( https://doi.org/10.46244/numerac y.v10i2.2241) di akses Vol. 10 No. 2 (2023)
Lusi Nuryanti. 2008. Psikologi Anak, Jakarta: Indeks
Monks, F J.2006. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : Gajah Mada
Nurin, Ismail., Dan Hartati, Sri. 2019.Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya.Media Sahabat Cedika
Romadhoni Setyo Nugroho. 2018.Pengaruh Kompetensi Guru Dan LingkunganTeman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 21, No. 1.
Raudhah Awal, Martala Sari, Tuti Amalia .2018. Interaksi Teman Sebaya dan Gaya Belajar Siswa
Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 7 Pekanbaru.Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol. 1, No, 1.
Slameto .2002. Belajar Dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Soekanto, Soejono .2007. Sosiologi : suatu pengantar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana,rostiana. 2010. Statistika penelitian pendidikan. Garut : STKIP Garus Press
Sumarni. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Insan Madani.
Susanti, Eka,. Endayani, Henna. 2018. Konsep Dasar IPS. Medan: CV. Widya Puspita
Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo,.
Yulia, Susanti .2014. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur, Fakultas Tarbiyah