PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 RAMBAH HILIR

Authors

  • Vivi Sopialiani Universitas Pasir Pengaraian
  • Hardianto Hardianto Universitas Pasir Pengaraian
  • Ike Betria Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3114

Keywords:

Interaksi,, Teman Sebaya,, Hasil Belajar

Abstract

 Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa di SMP Negeri 1 Rambah Hiliryang salah satu faktor nya disebabkan oleh Interaksi Teman Sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Ramah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana, Populasi 79 siswa kelas VIII dan teknik sampel yang digunakan adalah total sampling serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai variabel interaksi teman sebaya 70,27% masuk kedalam kategori Kuat, sedangkan hasil belajar dengan rata-rata 64.38% masuk kedalam kategori Cukup. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai   16.455 >   1,664 pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Hilir. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi  interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII dengan 77,7% sedangkan sisanya 22,3% dipengaruhi faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti motivasi belajar, kecerdasan, lingkungan keluarga dan sebagainya. Saran dalam penelitian ini bagi kepala sekolah agar diharapkan untuk menciptakan lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan teman sebaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmad Syafi’I, Tri Mafrianto, Siti Kholidatur Rodiyah,. 2018.Studi Tentang Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal KomunikasiPendidikan, Vol. 2.

Anna Nuryuliani, 2017. Berjudul Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil BelajarIps

SiswaKelas VIII Mts AlMursyidiyyah Pamulang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Bahri, Syaiful Djamarah .2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Ineraksi Eduktif, Jakarta :Rineka cipta.

Cahyani, Choirum Setiyoningrum, 2020. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan KebiasaanBelajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Febli, Yusriko. 2017, Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama

Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru, Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Pekan Baru, 02 september.

Hartono. 2010. AnalisisInstrument Penelitian Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hasman,2006 ,Pendidikan keluarga, Bandung: Alfabeta.

Hermansyahya .2021. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa MTsS Ulumul Qur’anMetode

W.A. Gerungan, Psikologi Sosial (Bandung: Eresco, 2002).

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Jhon W. Santrock .2003. Perkembangan anak, Jakarta : Erlangga

Khairani, Tuti. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan. Klaten: Tahta Media Grup

Latifah Hidayat,Nur, Septiana Wijayanti dan Fery Firmansah. 2023. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 10. Online

( https://doi.org/10.46244/numerac y.v10i2.2241) di akses Vol. 10 No. 2 (2023)

Lusi Nuryanti. 2008. Psikologi Anak, Jakarta: Indeks

Monks, F J.2006. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : Gajah Mada

Nurin, Ismail., Dan Hartati, Sri. 2019.Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya.Media Sahabat Cedika

Romadhoni Setyo Nugroho. 2018.Pengaruh Kompetensi Guru Dan LingkunganTeman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 21, No. 1.

Raudhah Awal, Martala Sari, Tuti Amalia .2018. Interaksi Teman Sebaya dan Gaya Belajar Siswa

Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 7 Pekanbaru.Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol. 1, No, 1.

Slameto .2002. Belajar Dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Soekanto, Soejono .2007. Sosiologi : suatu pengantar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundayana,rostiana. 2010. Statistika penelitian pendidikan. Garut : STKIP Garus Press

Sumarni. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Insan Madani.

Susanti, Eka,. Endayani, Henna. 2018. Konsep Dasar IPS. Medan: CV. Widya Puspita

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo,.

Yulia, Susanti .2014. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur, Fakultas Tarbiyah

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Sopialiani, V., Hardianto, H., & Betria, I. (2024). PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 RAMBAH HILIR. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3114

Most read articles by the same author(s)