PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAMBAH

Authors

  • Tiara Retiana Universitas Pasir Pengaraian
  • Hardianto Hardianto Universitas Pasir Pengaraian
  • Ike Betria Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i02.3117

Keywords:

Hasil Belajar IPS,, Model Pembelajaran Talking Stick, Model Pembelajaran

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu Guru kurang bervariasi dalam menentukan model pembelajaran sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan kurang termotivasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Rambah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 205 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 yang berjumlah 30 orang siswa dan siswa kelas VII.4 yang berjumlah 30 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung < ttabel dan diterima Ha apabila t hitung >  ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung   5,094  > 1,683. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Rambah tahun pembelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia. 2013. Pengaruh Pengalaman Independensin Dan Due. Proffesional udotorium Terhadap Audit Laporan Keuanagan.

Arikunto. 2013: 87. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT Rineka, Cipta.

Arikunto. 2013: 115. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT Rineka, Cipta

Hartono Pambuko Puji. (2015:2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick. Jurnal Universitas Negeri Padang. Vol. 1, No. 17.

Lestari ni Ketut Trianti Dkk. 2018. ModelModel Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Noviasari Winda, 2017 , Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Siswa Kelas III SDI BAKUNASE 1 KUPANG, SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar.

Subhan Hayun dan Nobertina Ataphary. 2019 . Penggunaan Model Pembelajaran Tipe talking Stick

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Naskar Cendana Kecamatan Morotai Jaya Kabupaten Pulau Morotai), Jurnal Mitra Pendidikan Vol.3 No.7 .

Sugiyono. 2017 .Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siregar Suriani. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan

Aktivitas Visual Siswa Pada Konsep Sistem Indera, Universitas Gunung Leuser, Jurnal Biotik Vol.3 No.2.

Zulfina Mita. 2014. Penerapan Model Pemelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah

Dasar. Jurnal Ilmiah Prosiding Seminar Nasional PGSD/KSDP/FIP/Universitas Malang.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Retiana, T., Hardianto, H., & Betria, I. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAMBAH . Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(02), 53–60. https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i02.3117

Most read articles by the same author(s)