PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII DI MTs DAARUSSALAMAH BANGUN JAYA
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3115Keywords:
Hasil Belajar,, Model Pembelajaran, Problem Based LearningAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa di MTs Daarussalamah Bangun Jaya disebabkan oleh model pembelajaran konvensional (ceramah). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VII di MTs Daarussalamah Bangun Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A dan VII.B yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi normal dan varians nya homogen. Rata-rata nilai Pre-Test kelas eksperimen adalah 33,95 dan kelas kontrol 40,11. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 85,15 dan kelas kontrol 64,76. Hasil penelitian dihitung dengan menggunakan rumus t-test dengan hasil > = 7,507 >1,696, yang artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VII di MTs Daarussalamah Bangun Jaya.
Downloads
References
Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revis6.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Alfianiawati Tia, Desyandri, Nasrul. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD , Vol. 07, No. 03 Tahun 2019.
Amin Saiful. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 4. No. 3 Tahun Mei 2017.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hanifah. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosio, Volume 8(1), 41-55.
Hasanah Uswatun, Sarjono dan Hariyadi Ahmad. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 07. No. 01 Tahun Januari 2021
Hotimah Husnul. Penerapan Metode pebelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi. VII (3): 5-11 Tahun 2020.
Paradina Desi, Conned dan Medriati Rosane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2. No. 3 Tahun Desember 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: CV. Alfabeta, 2009.
Sugiyono. 2015. Metode Peneltian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:s Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2019. Metode Peneltian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:s Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Komputasi Data Statistika. STKIP-Garut: Tidak diterbitkan.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.
Wulandari Bekti, Surjono Herman Dwi. Pengaruh Porblem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3. No. 2 Tahun Juni 2013.