Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Model-Model Pembelajaran Kooperatif Pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Elementer

Authors

  • Lisa Dwi Afri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.5

Keywords:

Lembar Kerja Mahasiswa, Kooperatif, Persamaan Diferensial Elementer

Abstract

Persamaan Diferensial Elementer (PDE) merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Dalam rangka mewujudkan pembelajaran students centered untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dari perkuliahan PDE, diperlukan suatu bahan ajar yang memberikan pengalaman belajar bermakna kepada mahasiswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah. Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) merupakan suatu bahan ajar yang dapat diterapkan pada perkuliahan PDE. Pengembangan LKM berbasis model-model pembelajaran kooperatif ini merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan dosen untuk mengajak mahasiswa aktif dalam memahami konsep dan memecahkan masalah dengan kegiatan-kegiatan yang telah dirancang didalamnya. Selain itu, dengan penerapan model-model pembelajaran yang berbeda setiap pertemuannya membangun suasana pembelajaran yang tidak monoton dan ini berdampak pada motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. LKM dikembangkan dengan tahapan (1) Analisis silabus, Rencana Program Semester (RPS), buku sumber serta model pembelajaran kooperatif; (2) merancang LKM; (3) validasi LKM; (4) seminar; (5) implementasi; dan (6) evaluasi dan finalisasi LKM. Berdasarkan hasil penyebaran angket praktikalitas kepada mahasiswa yang terlibat dalam tahap implementasi, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 89,42% artinya LKM yang dirancang termasuk kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-08

How to Cite

Afri, L. D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Model-Model Pembelajaran Kooperatif Pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Elementer. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.5

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.